Salin Artikel

15 Tempat Menikmati Sunset di Yogyakarta, dari Rooftop hingga Pantai

KOMPAS.com - Jika Anda tengah berlibur ke Yogyakarta, pastikan untuk tidak melewatkan momen sunset di tempat ini.

Terdapat berbagai pilihan tempat melihat sunset di Yogyakarta yang masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.

Tak hanya di tengah kota, spot sunset di Yogyakarta juga bisa ditemui di atas bukit hingga di tepi pantai.

Anda dapat memilih salah satu dari beberapa tempat wisata di Yogyakarta berikut yang menawarkan pemandangan sunset yang indah.

1. Rooftop Pasar Prawirotaman

Pasar Prawirotaman Yogyakarta yang kini berkonsep tradisional-modern memiliki spot untuk menikmati suasana sunset di rooftop yang berada di lantai 4.

Rooftop Pasar Prawirotaman memiliki anjungan kuliner, sehingga tidak hanya menawarkan pemandangan indah, namun juga pilihan santapan yang lezat.

Buka hingga pukul 21.00 WIB, wisatawan dapat mengunjungi Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis No.103, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Alun-alun Kidul tidak hanya terkenal sebagai tempat melaksanakan tradisi masangin di tengah beringin kembar, namun juga bisa jadi spot untuk menikmati suasana sunset.

Menjelang sore hari, akan semakin banyak wisatawan yang datang, baik untuk sekedar berjalan-jalan, berolahraga, hingga berburu kuliner.

Lokasinya yang luas dan mudah dijangkau membuat banyak wisatawan selalu menyempatkan singgah untuk menikmati suasana sunset di tempat ini.

3. Kawasan Nol Kilometer

Dekat dengan Jalan Malioboro, Kawasan Nol Kilometer juga jadi spot favorit untuk menikmati suasana sunset.

Dengan pedestrian yang luas dan banyaknya tempat duduk, Kawasan Nol Kilometer memang hampir tidak pernah sepi.

Sambil menikmati suasana sunset, wisatawan juga bisa berfoto di berbagai sudut kawasan yang dikelilingi bangunan bersejarah ini.

4. Kawasan Tugu Yogyakarta

Kawasan Tugu Yogyakarta juga menjadi pilihan tempat melihat sunset di Yogyakarta.

Wisatawan bisa memilih menikmati suasana dari angkringan atau cafe yang ada di sekitar tempat ini.

Selain mudah dijangkau, Kawasan Tugu Yogyakarta juga menjadi kawasan bersejarah yang masuk dalam Sumbu Filosofi Yogyakarta.

Salah satu candi yang pilihan tempat menikmati suasana sunset di Yogyakarta adalah Candi Ijo.

Lokasi Candi Ijo berada di Dusun Nglengkong, Kelurahan Sambisari, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Candi Ijo berada di perbukitan Baturagung yang memiliki arah hadap ke barat dengan pemandangan yang menawan.

Untuk menikmati sunset di Candi Ijo, wisatawan lokal dikenakan harga tiket sebesar Rp7.000, sementara wisatawan asing dikenakan harga tiket sebesar Rp15.000.

6. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko juga menjadi salah satu pilihan spot untuk menikmati suasana sunset di Yogyakarta.

Lokasinya yang berada di atas bukit dan menghadap ke arah barat membuat banyak wisatawan yang sengaja datang pada sore hari untuk melihat matahari terbenam.

Untuk bisa menikmati indahnya suasana sunset dari Candi Ratu Boko yang hanya berjarak 3 km sebelah selatan dari Candi Prambanan ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk.

Harga tiket Ratu Boko untuk wisatawan lokal adalah Rp 40.000 untuk pengunjung usia 10 tahun keatas, dan Rp 20.000 untuk pengunjung usia 3 - 10 tahun.

Tumpeng Menoreh adalah sebuah destinasi wisata dengan pemandangan empat gunung sekaligus, diantaranya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Lokasinya berada di Desa Ngargoretno yang terletak di antara wilayah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sambil menunggu momen sunset, wisatawan yang berkunjung juga bisa memesan kuliner yang ditawarkan sambil menikmati pemandangan alam yang sangat asri, udara yang segar, dan spot foto yang instagramable.

8. Laguna Pantai Depok

Laguna Pantai Depok adalah obyek wisata di utara Pantai Depok, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Destinasi baru di selatan Bantul ini menjadi tempat yang tepat uuntuk menikmati sunset sambil mencoba beberapa kuliner khas yang dijajakan di sekitar lokasi.

Dari tepi laguna, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Jembatan Kretek 2 dan perahu yang berlalu-lalang di laguna.

9. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah kenampakan alam unik berupa bukit pasir yang unik yang lokasinya dekat dengan obyek wisata Pantai Parangtritis.

Di tengah hamparan pasir ini, wisatawan dapat berfoto atau mencoba ekstrimnya olahraga sandboarding.

Pada sore hari, biasanya lokasi ini akan semakin ramai karena banyak wisatawan yang mampir untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dari tengah hamparan pasir yang indah.

10. Bukit Paralayang Watu Gupit

Masih di sekitar obyek wisata Pantai Parangtritis, ada juga spot sunset yang bisa dinikmati dari ketinggian, yaitu di Bukit Paralayang Watu Gupit.

Bukit Paralayang Watu Gupit terletak di area hutan di atas bukit di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul.

Pemandangan sunset dari atas bukit dengan pemandangan ke arah jajaran pantai selatan, Samudera Hindia, dan kawasan perkotaan membuat banyak orang rela jauh-jauh datang ke tempat ini.

Tak hanya menawarkan pemandangan,terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman hangat yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

11. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung sebagai salah satu tempat wisata yang menjadi tempat alternatif untuk menikmati suasana sunset selain pantai.

Lokasinya berada di berlokasi kawasan perbukitan di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul.

Dari atas bukit, pemandangan dari indahnya aliran Sungai Oya yang membelah perbukitan hijau yang menghampar memang sangat memanjakan mata.

Indahnya pemandangan dari Bukit Panguk Kediwung sudah mencuri hati banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota.

12. Bukit Bintang Patuk

Bukit Hargodumilah atau yang lebih populer dengan sebutan Bukit Bintang ini memang menjadi salah satu spot sunset paling hits di Yogyakarta.

Bukit Bintang berada di pinggir jalan utama Jogja-Wonosari, tepatnya di kawasan Piyungan sebelum kecamatan Patuk.

Tempatnya yang berada di tebing perbukitan menjadikannya cocok untuk melihat pemandangan matahari terbenam sambil menikmati landscape Yogyakarta dari ketinggian.

Bukit bintang juga menjadi tempat persinggahan bagi para wisatawan yang baru saja menghabiskan liburannya di Gunungkidul dan hendak pulang ke arah Yogyakarta.

Di Gunungkidul, Kawasan Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran juga menjadi salah satu spot menikmati sunset dengan pemandangan yang tidak kalah memesona.

Lokasinya berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Gunung dan embung ini juga menjadi bagian dari kawasan Geosite Gunung Sewu yang telah masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark.

Gunung Nglanggeran juga memiliki area berkemah bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana matahari tenggelam sekaligus dengan keindahan lampu kota di malam hari.

14. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon adalah salah satu wisata alam di Kabupaten Gunungkidul, yang terletak di sebelah Barat Pantai Watu Lumbung.

Pemandangan bukit yang dibingkai indahnya pantai karang dan birunya Samudera Hindia menjadikan tempat ini cocok untuk menikmati sunset.

Selain itu, di Bukit Pengilon terdapat tempat yang landai dan cocok dijadikan sebagai lokasi untuk mendirikan tenda.

15. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat di Kabupaten Gunungkidul juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati suasana sunset.

Pantai ini memiliki tebing pantai yang menghadap ke barat, sehingga cocok menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan matahari terbenam

Terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, lokasi yang memiliki hamparan tanah berumput yang cukup luas ini juga dapat digunakan untuk berkemah.

Sumber:
pariwisata.jogjakota.go.id  
jogjacagar.jogjaprov.go.id  
borobudurpark.com
bob.kemenparekraf.go.id  
jogja.antaranews.com   
visitingjogja.jogjaprov.go.id 
yogyakarta.kompas.com  
desabalong.gunungkidulkab.go.id   

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/11/190852478/15-tempat-menikmati-sunset-di-yogyakarta-dari-rooftop-hingga-pantai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke