Salin Artikel

Perahu Nelayan Karam di Pantai Wisata, Tim SAR Ingatkan Laut Selatan Gelombangnya Tidak Tertebak

KULON PROGO, KOMPAS.com –Perahu nelayan karam di laut Pantai Congot, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (2/11/2023) pagi lalu. 

Kapal retak dan katirnya patah, beberapa peralatan rusak dan hanyut, sedangkan hasil tangkapan hilang dalam peristiwa ini.

Satu dari tiga nelayan yang berada dalam perahu itu mengalami lemah fisik. Karena melemah, Wardoko (35) asal Temon terpaksa harus dilarikan ke RSUD Wates.

“Perahu akan mendarat tetapi perahu tersusul ombak besar yang menimpa perahu sehingga kendem (karam),” kata Aris Widiatmoko, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa SRI Wilayah V Kulon Progo via pesan, Jumat (3/11/2023).

Cuaca sejatinya baik, pandangan tidak berkabut dan jarak pandang normal dengan ombak sedang.

Tiga orang melaut dengan perahu Harapan Jaya sejak malam hari. Selain Wardoko, ada Aping (45) dari Kokap dan Arif (20) yang juga dari Temon.

Wardoko dan teman-teman sedang berupaya mendarat sekitar pukul 05.15 WIB. Gelombang mendadak menghantam dari belakang. Perahu dipenuhi air hingga mengakibatkan kapal karam dekat daratan. 

Warga membantu menyelamatkan nelayan malang ini.

“Anggota Satlinmas Rescue Istimewa yang berada di lokasi segera memberi pertolongan,” kata Aris. 

Semua nelayan selamat. Hanya Wardoko yang mengalami lemas dan terpaksa dilarikan ke RSUD Wates. 

Aris mengungkapkan, laut Selatan menghadap langsung ke samudera. Saat ombak kelihatan normal, gelombang sulit diprediksi, karena kadang bisa saja datang beberapa gelombang tinggi lalu kembali normal.

Bila tidak waspada, kecelakaan perahu bisa terjadi. Karena itu ia berharap, nelayan selalu berhati-hati di kawasan Selatan ini. 

“Ada kalanya itu gelombang mendadak tinggi, tapi hilang lagi,” kata Aris.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/03/175904678/perahu-nelayan-karam-di-pantai-wisata-tim-sar-ingatkan-laut-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke