Salin Artikel

Pelabuhan Gesing Segera Beroperasi, Gunungkidul Akan Punya 2 Pelabuhan Kapal Ikan

"Infonya dari provinsi seperti itu (segera dioperasikan)," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Wahid Supriyadi saat dihubungi Kompas.com melalui telepon Jumat (27/10/2023).

Dikatakannya, kewenangan pemerintah Kabupaten Gunungkidul hanya mengelola tempat pelelangan ikan (TPI). Untuk pengelolaan secara keseluruhan dari DKP DIY. "Selain TPI pemkab, juga pembinaan nelayan kecil," kata dia.

Wahid mengatakan, merujuk informasi yang diterimanya dari DKP DIY, operasional pelabuhan Gesing akan saling mengisi dengan pelabuhan Sadeng di Kapanewon Girisubo.

Sebab, Gesing tidak seluas pelabuhan Sadeng. Dari perencanaan menampung 40 kapal sekoci ukuran 10-30 GT dan 100 perahu mesin tempel.

Adapun kapal dengan ukuran di atas 30 GT tidak bisa mendarat di Pelabuhan Gesing. "Kapal ukuran lebih besar akan tetap mendarat di Sadeng," kata dia.

Jika nanti beroperasi, maka akan ada dua pelabuhan di Gunungkidul.

Kepala Pelabuhan Pendaratan Perikanan Sadeng, Wargiatno mengatakan, penambahan fasilitas di Pelabuhan Sadeng tetap diperhatikan meski ada pelabuhan baru di Gesing.

Saat ini tengah dibangun drainase dan pembangunan kantor Syahbandar. Diakuinya lokasi Pelabuhan Gesing lebih strategis, namun disisi luas lebih luas di Sadeng.

"Untuk Gesing kan di bawah 30 GT, di sini (Sadeng) bisa mendarat di atasnya," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Catur Nur Amin menyampaikan, pelabuhan Gesing seharusnya diselesaikan pada akhir 2022 lalu. Namun mundur sampai Oktober 2023 nanti atau diperpanjang 210 hari.

Hal ini karena Kahar atau peristiwa atau akibat yang tidak dapat diantisipasi (tidak terduga) atau dikendalikan secara wajar.

Untuk Pelabuhan Gesing kendalanya muncul sumber air tawar, dan bebatuan di bawah sumber air itu sulit dihancurkan. Sebab, hasil survei sebelumnya tidak ada sumber air tawar di sekitar kawasan tersebut.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/27/084633078/pelabuhan-gesing-segera-beroperasi-gunungkidul-akan-punya-2-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke