Salin Artikel

Pengamat UGM Sebut Terpilihnya Gibran sebagai Cawapres Prabowo Mengonfirmasi Drama Politik yang Terjadi

Pengumuman ini disampaikan usai semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pakar Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Wawan Mas'udi melihat penunjukan Gibran tersebut mengonfirmasi semua drama politik yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir.

"Proses persidangan di MK, kemudian tarik ulur antarpartai politik, dinamika yang terjadi dalam koalisi itu memang ternyata untuk memberikan jalan bagi Gibran untuk bisa menjadi cawapresnya Prabowo. Jadi ini semua mengkonfirmasi itu," katanya saat dihubungi, Senin (23/10/2023).

Di sisi lain Wawan juga menilai terpilihnya Gibran sebagai Bacawapres Prabowo sekaligus mengkonfirmasi ketegangan politik antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan PDI-P.

Dia menduga negosiasi politik keduanya sudah sampai pada titik 'kemacetan'. Sehingga jalan politik terpisah yang diambil oleh Jokowi.

"Bisa jadi karena memang dalam proses penentuan capres dan cawapresnya PDI-P Pak Jokowi tidak begitu dilibatkan. Karena itu kemudian mencari jalan sendiri," urainya.

Dari sisi Prabowo Subianto, lanjut Wawan, pemilihan Gibran merupakan bentuk pragmatisme untuk memperoleh dukungan penuh dari Jokowi.

Wawan juga melihat Jokowi tampak lebih nyaman dengan Prabowo karena merasa punya jaminan program-program pemerintah dan proyek strategis nasional saat ini akan dilanjutkan.

Jaminan itu semakin kuat, dengan terpilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres Prabowo Subianto.

"Dan bagi Pak Jokowi sendiri saya kira kelihatanya merasa lebih nyaman dan merasa lebih punya jaminan bahwa program-program pemerintahan yang selama ini sudah disiapkan proyek-proyek strategis nasinal yang selama ini sudah jalan akan mendapat jaminan keberlanjutan dengan pak Prabowo. Apalagi dengan mengusung Gibran," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/23/155119578/pengamat-ugm-sebut-terpilihnya-gibran-sebagai-cawapres-prabowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke