Salin Artikel

Gibran Diisukan Gabung Golkar, DPD Golkar DIY Siap Gelar Karpet Merah

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sudah mendapatkan bacawapresnya, sedangkan Prabowo Subianto belum menentukan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bacapres Prabowo Subianto.

Isu yang beredar luas di masyarakat, kandidat bacawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo adalah Gibran Rakabuming Raka.

Ketua DPD Partai Golkar DIY, Gandung Pardiman berharap kabar yang beredar Gibran akan masuk Golkar dan menjadi bacawapres mendampingi Prabowo menjadi kenyataan.

Sebab dengan masuknya tokoh dan pemimpin muda potensial dan sudah membuktikan mampu menjadi kepala daerah wali kota Solo dengan baik, akan menambah kekuatan Partai Golkar.

Pendapat yang sama disampaikan ketua DPD Golkar Kota Yogyakarta Agus Mulyono. Agus Mulyono mengatakan Golkar harus realistis untuk kemenangan pemilu serentak tahun 2024.

Salah satu cara untuk merealisasi hal tersebut dengan cara memasangkan Gibran bersama Prabowo.

Saat ini, popularitas dan posisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih kuat, sehingga jika Gibran masuk Golkar, maka kondisi ini akan menguntungkan bagi Golkar dengan keberadaan Gibran sebagai juniornya Jokowi.

"Kita ambil strategi yang terbaik dalam situasi pilpres yang tidak baik, yang catur marut. Jumlah kursi pendukung pak Prabowo terbesar dibandingkan koalisi lain," kata dia.

Menurutnya dengan memasangkan Prabowo dan Gibran, diyakini dapat mendongkrak suara Partai Golkar pada pemilihan legislatif.

"Sehingga ketika ditanya siapa Pilpresnya, Pak Prabowo dan Mas Gibran, maka akan berpengaruh positif terhadap perolehan suara pileg Golkar," papar Agus Mulyono.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka diisukan akan bergabung dengan Partai Golongan Karya (Golkar), menjelang masa pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Rumor bergabungnya Gibran ini santer terdengar pada Minggu (15/10/2023), sehari sebelum putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres-cawapres, pada Senin (16/10/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sekar Krisnauli Tandjung, mengaku telah mengetahui dan mendengar adanya kabar tersebut.

Namun, pihaknya menjelaskan hingga kini belum ada pembicaraan antara Golkar Solo dengan Gibran Rakabuming Raka, untuk bergabung ke Partai Berlogo Pohon Beringin tersebut.

"(Rumor bergabungnya Gibran) belum mendapatkan konfirmasi ataupun arahan petunjuk yang lainnya dari DPD Provinsi Jawa Tengah maupun DPP Partai Golkar," kata kata Sekar Tandjung sapaan akrabnya saat dikonfirmasi pada Senin (16/10/2023), malam.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/19/132700878/gibran-diisukan-gabung-golkar-dpd-golkar-diy-siap-gelar-karpet-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke