Salin Artikel

Terdampak Anjloknya KA Argo Semeru, Penumpang Kembalikan Tiket, Sejumlah Kereta Memutar ke Jalur Lain

Pada Selasa (17/10/2023) sore tampak antrean penumpang yang ingin mengembalikan tiket karena sejumlah kereta mengalami keterlambatan akibat anjloknya KA Argo Semeru. 

Seperti yang dialami Tatang Guritno. Dia menjadi salah satu penumpang yang terdampak terlambatnya kereta api.

Rencananya, dia berangkat dari Stasiun Yogyakarta menuju ke Jakarta dan akan berangkat pada pukul 17.30 menggunakan Kereta Senja Utama.

"Iya terdampak korban dan belum tahu, sudah tanya KAI belum ada jawaban. Tanya customer service katanya cuma disuruh masuk dulu," kata dia, Selasa (17/10/2023).

"Senja Utama sampai sekarang belum masuk ke Stasiun Tugu," imbuh dia.

Kondisi ini membuat dirinya belum pasti bisa berangkat ke Jakarta pada sore ini. Dia juga mendapatkan saran dari KAI untuk membatalkan tiketnya.

"Ini coba saya tanyakan untuk refund. Soalnya dari customer service suruh masuk dulu, dan katanya belum ada kejelasan," kata dia.

"Rencana paling refund, karena katanya sampai sekarang belum bisa dilewati jalur itu," kata dia.

Sebelumnya, penumpang lain yang terdampak, Deden mengatakan sudah membeli tiket kereta dengan tujuan Bekasi pada pukul 17.30 WIB. Akibat ada keterlambatan, dia hendak mengembalikan tiket dan beralih ke transportasi lain.

"Saya mungkin pilih transportasi lain naik bus," kata dia.

Dia mendapatkan informasi adanya keterlambatan kereta dari media sosial Twitter serta dari rekannya yang menumpang kereta yang anjlok.

"Dapat informasi keterlambatan dari Twitter medsos. Kebetulan ada teman juga, sudah berangkat jam 10 keretanya ketabrak, dia alhamdulillah selamat," pungkasnya.

Sebelumnya, KAI melakukan pola operasi jalur KA yang memutar untuk mengatasi keterlambatan akibat kejadian tersebut. 

Dalam hal ini, semua kereta di jalur Selatan dialihkan ke tengah dan utara. Kereta yang di jalur Surabaya – Jakarta, diarahkan lewat Solo, Semarang, Tegal, Cirebon, lalu Jakarta atau lewat Tegal dan Purwokerto.

Sebaliknya, jurusan Bandung – Surabaya akan diarahkan lewat Kroya, Purwokerto, Tegal, Semarang hingga Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan, ada beberapa kereta yang harus memutar lewat jalur utara akibat anjloknya KA Argo Semeru. 

"Namun ada beberapa kereta api yang memutar, yang harusnya melewati lintas selatan, dialihkan melalui lintas utara atau melewati wilayah Daop 4 Semarang,” jelasnya saat dikonfirmasi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/18/071117178/terdampak-anjloknya-ka-argo-semeru-penumpang-kembalikan-tiket-sejumlah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke