Salin Artikel

Hutan Penelitian UGM Wanagama di Gunungkidul Terbakar

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar BPBD Kabupaten Gunungkidul Handoko menyampaikan, kebakaran terjadi Senin petang di Petak 14 wilayah Kawasan hutan Wanagama, Kalurahan Banaran, Playen.

"Betul terjadi kebakaran di hutan Wanagama, sekitar pukul 16.15 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.00 WIB," kata Handoko saat dihubungi melalui telepon, Selasa (10/10/2023).

Dikatakannya, pemadaman dilakukan oleh Damkar, TRC, Gading Rescue, Petugas dan Relawan dari Wanagama, Bhabinsa, Polsek Playen, Tagana, Rapi, dan Relawan Lain.

Adapun luasan area terbakar belum ada informasi karena masih menunggu informasi dari pihak terkait.

"Untuk luasan, pihak Wanagama belum memberikan keterangan terkait luasan area terbakar," kata dia.

Handoko mengatakan, pihaknya berharap masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan saat musim kemarau.

Sebelumnya, Kepala DLH Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan SE bernomor 5004.1/0342 tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, bersifat segera dan ditujukan kepada seluruh panewu dan lurah se-Gunungkidul. Pemangku wilayah itu segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

SE menindaklanjuti Instruksi Presiden No.3/2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan. Selain itu, instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Maka dengan ini mengimbau saudara Panewu dan lurah se-Kabupaten Gunungkidul untuk menyampaikan kepada warga masyarakat di wilayahnya masing-masing dalam rangka pencegahan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan," kata Harry

Adapun, pencegahan dan penanganan itu, dilarang melakukan pembakaran hutan dan lahan. Dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

Tidak membuang puntung rokok atau hal-hal yang menjadi sumber api di dalam hutan dan lahan atau di sembarang tempat.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/10/115302378/hutan-penelitian-ugm-wanagama-di-gunungkidul-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke