Salin Artikel

Sampah di Depo Kotabaru Yogyakarta Disebut Capai Lebih dari 60 Ton

Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Ahmad Haryoko mengatakan, kondisi sampah di depo sampah Kotabaru diangkut dengan 13 truk sampah. Tiap truk sampah memiliki kapasitas 5 ton.

"Yang di sini 13 kali 5 gitu aja. Sekitar 60-an ton, sejak Juli (sampah)," jelas dia, Senin (9/10/2023).

Namun, pada ini baru bisa diangkat dengan 7 truk sampah dengan perkiraan sampah yang diangkut sebanyak 35 ton. Mengingat satu truk berkapasitas 5 ton.

"Tujuh truk hari ini dikirim besok. Kita sekadar eksekusi naikkan truk," kata dia.

Sampah dari Depo Kotabaru ini tidak langsung dibuang ke TPA Regional Piyungan karena pada hari ini tutup. Truk yang mengangkut ini akan ditempatkan di kantor DLH jika memubgkinkan.

"Ya nanti kita lihat kondisi di kantor kalau memungkinkan taruh di sana ya di sana. Kita taruh ke depo yang mungkin untuk menaruh sampah," kata dia.

Ia menambahkan, untuk menghabiskan seluruh sampah yang di depo sampah Kotabaru tidak memungkinkan, namun dilakukan antisipasi agar sampah tidak meluber ke jalanan.

"Kalau bisa nol sampah tidak memungkinkan, tapi kita antisipasi sampah tidak meluber ke jalan. Sebisa mungkin tetap di lokasinya tidak melebar ke jalan," kata dia.

Sebelumnya, Kota Yogyakarta masih bergelut dengan permasalahan sampah, gunung sampah masih tampak di depo sampah Kotabaru.

Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Ahmad Haryoko menjelaskan, gunung sampah di depo sampah Kotabaru sudah diambil sejak semalam pukul 21.00 sampai 00.00 WIB.

"Sejak tadi malam sudah kita eksekusi sejak jam 9 malam sampai jam 12 malam itu sudah satu unit compactor penuh," katanya, Senin (9/10/2023).

"Kemudian pagi tadi mulai jam 6 sudah kita mulai lagi sampai sekarang ini, ada 7 truk compactor yang kita kerahkan," katanya.

Untuk petugas yang diterjunkan untuk mengangkut sampah di depo sampah Kotabaru sekitar 20 orang.

Walaupun sudah mengerahkan petugas yang cukup banyak, dia tidak yakin sampah dapat terangkut 100 persen.

"Tapi ya kayaknya belum bisa 100 persen karena memang kondisinya memang sudah banyak," katanya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/09/125123478/sampah-di-depo-kotabaru-yogyakarta-disebut-capai-lebih-dari-60-ton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke