Salin Artikel

Tanggapan Disdik soal Ilustrasi LKS Matematika Mirip Anak Main Gaple di Banyumas

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Banyumas Joko Wiyono menjelaskan soal ilustrasi di lembar kegiatan siswa (LKS) yang mirip anak-anak bermain kartu domino atau gaple.

Menurutnya, kartu yang dipegang anak-anak di ilsutrasi itu hanya mirip domino. Namun demikian, dirinya sudah menugaskan jajarannya untuk mengecek di lokasi.

"Ini bukan kartu domino yang dimaksudkan, hanya sepintas mirip. Hari ini saya tugasi untuk cek LKS tersebut," kata Joko, Jumat (6/10/2023).

Diprotes wali murid

Seperti diberitakan sebelumnya, hal itu terungkap usai salah satu wali murid di salah satu SD di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melontarkan protes terkait ilustrasi itu.

Menurut wali murid berinisial YS gambar di LKS mata pelajaran matematika itu membahas soal kartu bilangan 1-10 dengan menggunakan permainan kartu.

Lalu dalam LKS itu terdapat contoh gambar kartu bilangan yang dinggap mirip kartu gaple.

Setelah itu siswa diminta membuat bilangan 10 dengan kartu tersebut beserta cara, yaitu pertama bagikan kartu bilangan dengan jumlah yang sama.

Kedua, sudah bisa menyelesaikan angka 10, maka kartu ditumpuk satu set dan letakkan di meja.

Ketiga, menerima kartu dari teman sebelah. Keempat, jika sudah sampai angka 10, maka kartu ditumpuk satu set dan diletakkan di meja.

Kelima, yang kartunya habis, dia lah pemenangnya.

"Pelajaran SD kelas 1 malah ada gambar gaplean, apa enggak ada contoh lain," kata YS kepada wartawan, Jumat (6/10/2023).

Menurut YS, materi tersebut tidak pantas untuk anak-anak. Untuk itu, dia meminta agar LKS tersebut segera ditarik dari peredaran.

"Saya ingin (LKS tersebut) ditarik dari peredaran, sangat tidak etis. Anak kecil sudah diajarkan bermain kartu," ujar YS.

(Penulis: Fadlan Mukhtar Zain | Editor: Ardi Priyatno Utomo)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/06/180923078/tanggapan-disdik-soal-ilustrasi-lks-matematika-mirip-anak-main-gaple-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke