Salin Artikel

Alasan Anies Baswedan Temui Gus Najih, Pengasuh Ponpes Al Anwar Sarang di Rembang

KOMPAS.com - Anies Baswedan, bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan, mengunjungi Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (1/10/2023).

Di hadapan para santri, Anies sempat mengungkapkan rasa gembiranya kembali ke pondok asuhan mendiang KH Maemoen Zubair atau Mbah Moen itu.

"Alhamdulillah 10 tahun kemudian saya sampai kembali ke sini, tapi di antara itu sekarang yang kumpul para santri," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Anies mengaku tujuan kedatangannya adalah memohon doa dan restu saat maju di Pilpres 2024.

Saat itu Anies bertemu langsung dengan pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar, KH Muhammad Najih Maemoen.

"Saya silaturahmi langsung mohon doa, dan petunjuk dari beliau, karena saya mendapatkan amanah baru yang agak besar, amanah menjadi calon presiden, bukan amanah yang kecil tapi mudah-mudahan dengan doa dari beliau dan seluruh keluarga besar di sini Insya Allah menjadi amanah yang ringan dijalani," ucap kepada wartawan.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang, KH Muhammad Najih Maimoen atau Gus Najih menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan Anies. 

"Insya Allah ini berkah di Pondok Al Anwar dan Insya Allah nanti di ndalem-nya (rumahnya) Mbah Moen juga Insya Allah berkahnya ini dapat jadi presiden, amiin," ucap Gus Najih.

Anies sempat menceritakan, semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta, dirinya sering menggelar pengajian di rumah dinas.

Salah satu peserta pengajian yang rutin datang adalah para santri dari Ponpes Al Anwar Sarang.

"Di Jakarta, saya ada urusan dengan Sarang kenapa karena alumni Sarang itu kalau pengajian rutin di rumah gubernur DKI Jakarta," kata dia yang disambut tepuk tangan dari para santri.

(Penulis: Aria Rusta Yuli Pradana | Editor: Ardi Priyatno Utomo )

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/10/02/082011378/alasan-anies-baswedan-temui-gus-najih-pengasuh-ponpes-al-anwar-sarang-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke