Salin Artikel

Kebakaran Lahan di Kulon Progo Kembali Berulang, BPBD: Akibat Bakar Sampah dan Membuka Ladang

KULON PROGO, KOMPAS.com –Kebakaran melanda ladang di Pedukuhan Glagah, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Api menjalar hingga sekitar 300 meter luasan lahan pada tengah hari. 

Beruntung api bisa dijinakkan dalam waktu cepat. 

“Lahan di pedukuhan Glagah terjadi kebakaran pada pukul 12.00 WIB,” kata Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu Triatmi Noviartuti (Novi) melalui pesan singkat, Jumat (22/9/2023).

Lahan terbakar merupakan tanah kas desa. Cuaca siang tadi panas terik. Angin bertiup kencang. 

Novi mengungkapkan, kebakaran berawal dari warga yang membuka lahan dengan cara membakar sampah. Lahan yang dibakar itu berupa semak semak kering. 

Api merambat cepat hingga seluas 300 meter. Warga mencoba memadamkan secara manual sebelum pemadam kebakaran datang untuk menjinakkan api. 

“30 menit kemudian api dapat dipadamkan, situasi aman kondusif,” kata Kasi Humas Novi.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Budi Prastawa mengungkapkan, kebakaran lahan terjadi berulang di Kulon Progo belakangan ini. Sebagian besar terjadi karena keteledoran warga. 

Mereka membuka lahan hingga membakar sampah ladang yang berupa daun dan dahan kering. Membakar sampah di ladang dianggap sebagai cara paling praktis, namun berakibat fatal di musim kering dan berangin kencang seperti sekarang. 

“Ini menunjukkan masyarakat belum memperhatikan (imbauan) penanganan pada limbah lahan. Pembakaran lahan itu sangat dihindari,” kata Budi.

Kebakaran lahan, baik berupa kebun maupun ladang, terjadi hampir setiap hari belakangan ini di Kulon Progo. Salah satu kebakaran lahan bahkan menelan korban jiwa.

“Hari ini ada kebakaran, kemarin bahkan ada empat lokasi, kemarinnya sampai ada korban jiwa,” kata Budi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/09/22/221745778/kebakaran-lahan-di-kulon-progo-kembali-berulang-bpbd-akibat-bakar-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke