Salin Artikel

Ditanya Solusi Atasi Dampak Negatif "Handphone" bagi Anak, Prabowo Mengaku Belum Punya Jawaban

Saat sesi tanya jawab, Prabowo mendapatkan pertanyaan terkait solusi menanggulangi dampak negatif handphone terhadap anak-anak.

Prabowo Subianto mengatakan hal itu memang tantangan yang besar bagi bangsa Indonesia. Terlebih saat ini arus teknologi begitu deras masuk ke Indonesia.

"Ini tantangan yang sangat berat," ujarnya, Rabu (20/09/2023)

Dia mengakui saat ini belum bisa memberikan jawaban. Sebab saat ini masih mempelajari.

"Saya mau jujur mengakui, saya sendiri belum bisa untuk memberi suatu jawaban langsung di sini. Karena saya terus mempelajari masalah tantangan yang berat ini," tegasnya.

Prabowo mengungkapkan perlu mengumpulkan para pakar dan tokoh-tokoh untuk membicarakan hal ini guna mencari solusi yang tepat. Sebab, dunia maya tidaklah mudah untuk dikendalikan.

"Secara prinsip dasar kalau perbatasan bisa kita jaga, pelabuhan bisa kita awasi, bandara bisa kita awasi. Tapi dunia maya tidak mudah untuk kita kendalikan, tetapi ada teknologi untuk mengendalikan," tandasnya.

"Hanya masalahnya adalah nanti kita dituduh mengurangi kebebasan berpendapat, mengurangi demokrasi, mengurangi hak asasi manusia," imbuhnya.

"Jadi menurut saya secara jujur tidak bisa semuanya dilimpahkan ke pemerintah, peran orang tua bagaimana? Kenapa orang tua tidak bisa mengendalikan dan mengawasi anak-anaknya sendiri? Saya kira ini, kita harus mawas diri," ucapnya.

Kominfo, lanjut Prabowo, sudah berusaha dengan menutup situs-situs yang negatif. Namun, meski sudah ditutup, tetap akan ada juga yang mencari celah-celah.

"Ya namanya orang kalau mencari sesuatu, ditutup di sini, ditutup di sana pasti kalau namanya maling ya pasti akan mencari jalan untuk maling. Benar ini tantangan bagi kita semua, ancaman dunia maya ini luar biasa," ucapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/09/20/132742978/ditanya-solusi-atasi-dampak-negatif-handphone-bagi-anak-prabowo-mengaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke