Salin Artikel

Agar Petani Sejahtera, Anies Ingin Mafia Produk Pertanian Diperangi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com-Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju Anies Baswedan hadir dalam dialog "3 Bacapres Bicara Gagasan" di Grha Sabha Universitas Gadjah Mada (UGM) Selasa (19/09/2023). Dia menyebut jika tata kelola pertanian harus diperbaiki.

"Tata kelola kebutuhan dasar yang lebih baik contohnya beras biaya hidup yang tinggi apalagi status pra sejahtera menjadi makin berat ketika harga kebutuhan pokok mahal, kalau harga beras mahal, dan petani makmur artinya uangnya berujung di petani," kata Anies.

Dikatakan mantan gubernur Jakarta ini saat ini situasi yang dihadapi, beras harganya mahal petani tidak sejahtera, uangnya hilang di jalan

"Tata niaga ini dikoreksi, mafia terkait produk pertanian harus diperangi secara tuntas karena merekalah sumber masalah di tempat ini," kata dia.

Anies ingin kebutuhan pokok lebih murah, tetapi petani sejahtera. Salah satunya dengan menabung.

"Petani harus bisa menabung, selama petani tidak bisa menabung maka biaya operasinya, biaya produksinya tidak sebanding dengan pendapatannya," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/09/19/164725478/agar-petani-sejahtera-anies-ingin-mafia-produk-pertanian-diperangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke