Salin Artikel

Cegah Orang Kencing Sembarangan, Warga Tabur Bunga di Gang Jalan Malioboro

KOMPAS.com - Viral di media sosial soal salah satu gang yang ditaburi bunga di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Gang yang terletak di seberang Hotel Grand Inna Malioboro itu memiliki lebar kurang dari satu meter dan panjang sekitar 15 meter. Gang gelap dan lembap ini merupakan jalan menuju tiga rumah yang berada di dalamnya.

Salah satu penghuni rumah di gang itu, Echa mengatakan, sebelumnya gang rumahnya itu kerap menjadi tempat orang buang air kecil sembarangan.

"Jadi inisiatif ditaburi bunga biar pada takut, biar tidak kencing sembarangan di dalam gang," kata Echa, dikutip dari TribunJateng.com.

"Setelah ditaburi bunga jadinya orang tidak kencing sembarangan di sini," imbuhnya.

Dia menceritakan, ada saja orang yang tetap buang kecil di gang itu meski barang dagangannya berupa kopi dan lain-lain telah diletakkan di ujung gang.

"Jualan sudah ditaruh di sini (ujung gang), tapi masih sempat buat kencing. Bikin bau," ujar Echa.

Echa menegaskan, tak ada unsur mistis di balik penaburan bunga di gang itu, sekadar untuk menakut-nakuti orang yang berniat kencing di gang rumahnya.

"Tidak ada (mistis)," ucap Echa.

Masalah di Malioboro

Kepala UPT Cagar Budaya Kota Yogyakarta Ekwanto tak menampik bahwa bau pesing akibat orang buang air kecil sembarangan masih menjadi permasalahan di kawasan Malioboro.

Dia pun mengaku, pihaknya kesulitan dalam melakukan pengawasan karena tingginya aktivitas di jalanan tersebut, sedangkan rambu peringatan dilarang kencing sembarangan juga tak efektif.

"Ya kami tindaklanjuti. Kami coba optimalkan petugas kami di sana. Walaupun banyak orang seliweran di sana akan kami tegur kalau ada yang kedapatan kencing sembarangan," tutur Ekwanto.

Ekwanto membeberkan, ada sejumlah titik lokasi toilet umum di Jalan Malioboro, yakni di Teras Malioboro 2, Kepatihan, di Masjid, dan di depan kantor Bank Indonesia.

"Kalau toilet umum itu di TM2 kemudian di Kepatihan, kemudian di masjid Itu, kemudian juga di toilet internasional depan BI," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/09/16/221514878/cegah-orang-kencing-sembarangan-warga-tabur-bunga-di-gang-jalan-malioboro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke