Salin Artikel

Benda Bercahaya Melintas di Langit Yogyakarta, Direktur Griya Antariksa Duga Itu Sampah Antariksa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video benda seperti bola api melewati langit DI Yogyakarta, pada Kamis (14/09/2023).

Terkait fenomena itu, Direktur Griya Antariksa Yogyakarta Mutoha Arkanuddin menyampaikan hasil analisisnya.

Mutoha Arkanuddin menyatakan, jatuhan benda angkasa itu ada banyak sebab. Kemudian, fenomena-fenomena membentuk ekor itu juga ada beberapa jenis.

"Yang pertama itu meteor, dengan ciri-cirinya ada ekornya, melesat, bercahaya dan sebagainya itu," ujar Mutoha saat dihubungi, Jumat (15/9/2023).

Kedua adalah benda-benda buatan manusia di antariksa yang jatuh.

Saat ini, banyak sampah-sampah antariksa dan banyak juga yang tidak terkontrol, tidak terdata dan tidak terjadwal ketika jatuh.

Sampah antariksa tersebut jika jatuh pada malam hari juga menimbulkan cahaya.

"Yang kemungkinan lain kita belum bisa menjelaskan, karena itu masuk dalam fenomena unidentified, UFO atau sejenisnya. Itu karena belum jelas kan, belum bisa dijelaskan secara ilmiah," ucap dia.

Mutoha telah melihat sejumlah video terkait kasus ini. 

Dari analisisnya, besar kemungkinan jika benda yang jatuh tersebut bukan meteor.

"Yang fenomena semalam, yang saya juga lihat banyak video, saya sendiri sementara menyimpulkan bahwa itu bukan meteor, bukan jatuhan meteor. Tapi, lebih kepada jatuhnya benda buatan manusia atau sering disebut sampah antariksa," ujar dia.

Mutoha mengungkapkan beberapa hal yang mendasari dari analisinya tersebut.

Dari video yang dilihatnya gerakan benda yang jatuh relatif lambat. Sementara untuk jatuhan meteor melesatnya lebih cepat.

"Saya kan sering mengamati meteor, hujan meteor dan sebagainya. Nah, itu gerakanya yang semalam itu relatif lambat, bahkan kita bisa melihat ekornya secara terus menerus," ungkap dia.


Mutoha mengatakan, cahaya benda tersebut juga tidak seterang seperti ketika meteor jatuh.

"Kemudian, tidak adanya suara ledakan atau apa yang biasa itu menyertai kejadian meteor besar. Yang semalam pecahannya merata, kalau meteor itu pecahnya biasanya nyebar, ini (fenomena semalam) mengikuti kepalanya. Ini ciri reentry sampah, salah satu cirinya itu," urai dia.

Pasca fenomena tersebut, Mutoha telah mencari berbagai sumber. Namun, dirinya belum menemukan pihak yang bertanggungjawab terkait benda diduga sampah antariksa tersebut.

"Saya mencoba mencari sumber-sumber itu, ternyata belum menemukan siapa pihak yang bertanggungjawab, baik itu yang punya sampah itu. Karena memang ada beberapa sampah yang memang tidak terkonfirmasi, mereka enggak memberikan informasinya di katalog itu," ujar dia.

Mutoha menuturkan, berdasarkan informasi yang melihat dari Yogyakarta, jatuhan benda tersebut ke arah utara.

Fenomena benda jatuh tersebut terlihat tidak hanya di DIY, namun juga Bandung dan Sragen.

"Dari beberapa saksi bahkan ada yang dari Bandung juga menyaksikan sehingga kalau yang paling timur itu Sragen, yang saya dapat infonya, paling barat itu Bandung," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dihebohkan dengan video yang merekam seperti bola api melewati langit DIY pada Kamis (14/9/2023).

Dalam video yang diunggah, tampak benda tersebut seperti bola berwarna merah kekuningan yang memiliki ekor di langit.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/09/15/131220378/benda-bercahaya-melintas-di-langit-yogyakarta-direktur-griya-antariksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke