Salin Artikel

Progres Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta Bawen Sudah Lebih dari 50 Persen

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) mencatat kemajuan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Bawen untuk Seksi 1 mencapai 53,66 persen dengan progres pembebasan lahan sebesar 76,46 persen hingga Agustus 2023.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J. Dwi Winarsa menjelaskan, setelah Serat Palilah Tanah Desa dan Sultan Ground terbit dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, PT Jasamarga Jogja Bawen mengoptimalkan pekerjaan konstruksi pada lahan yang sudah bebas.

“Untuk saat ini, kegiatan konstruksi seksi 1 sedang dikerjakan secara paralel pekerjaan struktur (Jembatan Kali Sangubanyu, Kali Mataram, Elevated 1, Elevated_2, Elevated 3, Elevated 4, Box Underpass, Box Culvert), pekerjaan badan jalan (common borrow material), perbaikan tanah (stone column),” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (7/9/2023).

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pekerjaan pemasangan erection girder STA 75+800 (Jembatan Kali Konteng), yang berlokasi di Kalurahan Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Terkait progres lahan Seksi 1 terdapat penambahan lahan di wilayah DIY untuk keperluan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, dari total 7 desa, sudah dilakukan kegiatan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian di 6 desa, sedangkan progres lahan Seksi 6 SS Ambarawa – JC Bawen Provinsi Jawa Tengah, PT JJB sudah berkoordinasi dengan Bupati Kabupaten Semarang terkait izin memulai konstruksi pada lahan milik Kabupaten Semarang. 

“13 bidang di Desa Kandangan sudah dilakukan musyawarah dengan luasan 13.226 m2, saat ini sedang menunggu hasil verifikasi dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) terkait bidang-bidang yang memenuhi syarat untuk bisa dibayarkan. Untuk Desa Doplang sudah dilakukan pembayaran uang ganti kerugian sebanyak 6 bidang dengan luasan 3.930 meter persegi dengan nilai Rp 3.775.239.184,” jelas dia.

Untuk progres Konstruksi Seksi 6 sedang dilakukan  pekerjaan badan jalan (common borrow material) sisi ramp on dan off  Bawen, pekerjaan pondasi (bore pile). Target penyelesaian konstruksi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Seksi 1 dan Seksi 6 tetap sesuai rencana.

Dalam hal kegiatan pembebasan lahan untuk keperluan proyek pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, PT JJB terus berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN).

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/09/07/143115778/progres-konstruksi-jalan-tol-yogyakarta-bawen-sudah-lebih-dari-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke