Salin Artikel

Nobar Piala AFF Dituding Kampanye, Gibran: Kalau Tidak Suka Sama Saya, Tidak Apa-apa

KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi sindiran netizen soal acara nonton bareng (nobar) final Piala AFF U23 2023 antara Indonesia vs Vietnam yang dianggap ajang kampanye politik, Sabtu (26/8/2023).

Nobar yang digelar di depan Balai Kota Solo, Jawa Tengah, itu, menurutnya adalah kegiatan untuk mendukung pelaku UMKM di Kota Solo.

"Lha ada kampanyene ndak? Wis clear," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (28/8/2023).

"Iya (untuk masyarakat). Yowis (ya sudah) lain kali gini aja, kalau ada event, saya akan bilang ke semua pengunjung, tidak usah nyoblos Gibran gampang to. Tapi eventku tetep jalan. Sing penting sing dodol es teh, dodol cilok, dodol telur gulung ramai. Aku rasah mbok pikirke (yang penting yang jual es teh, jual cilok, jual telur gulung ramai. Aku tidak usah dipikirkan)," sambung Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi itu menegaskan, banyaknya event selama ini adalah untuk meramaikan Solo. 

Harapan Gibran, event-event tersebut dapat memberikan dampak positif bagi warga Solo, khususnya di sektor ekonomi dan wisata.

"Iya (event untuk meramaikan Solo). Opo meh didadekne sepi meneh koyo mbiyen (apa mau dijadikan sepi seperti dulu)," jelas Gibran.

"Ini komitmen saya. Dampaknya sudah terasa. Terasa kabeh, kabeh seneng, kabeh gratis, parkiran ramai, hotel ramai, pesawat ramai. Tapi nek ra seneng karo aku rapopo, aku tak nyingkir, tak turu neng omah (tapi kalau tidak suka sama saya tidak apa-apa, saya tak menyingkir, tak tidur di rumah)," ungkap dia.

"Wiiisss gak Bran, Gibran...Paling gae kampanye pilpres dikon pilih Ganjar. Mending ndelok neng omah ae aku. (Enggak Bran, Gibran. Paling buat kampanye disuruh pilih Ganjar. Mending aku nonton di rumah aja)," tulis akun tersebut.

Gibran menegaskan tidak ada kampanye terselubung di event tersebut. Dirinya menghargai kritikan kepada dirinya, namun Gibran meminta tidak ada upaya untuk menghalangi dirinya menyelenggarakan kegiatan di Solo.

(Penulis : Labib Zamani | Editor : Dita Angga Rusiana)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/29/120835178/nobar-piala-aff-dituding-kampanye-gibran-kalau-tidak-suka-sama-saya-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke