Salin Artikel

Momen Haru Wisuda UGM Yogyakarta, Rektor dan Dosen Nyanyi Lagu "Bunda"

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Lagu 'Bunda' terdengar di acara wisuda program sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM).

Liriknya yang menyentuh, membuat suasana wisuda di Grha Sabha Pramana menjadi haru. 

Lagu tersebut dinyanyikan dari atas podium oleh Rektor UGM Prof Ova Emilia bersama dua dosen. Momen tersebut kemudian diunggah di media sosial dan menjadi viral. 

Di video yang diunggah tampak seorang wisudawati berada di podium.

Kemudian wisudawati tersebut meminta izin kepada Prof Ova Emilia mengundang ibunya ke atas podium untuk foto dan bersalaman. 

Wisudawati tersebut kemudian berterimakasih kepada Rektor UGM karena telah diizinkan. Setelah itu tampak wisudawati ini menjemput ibunya dan berjalan bersama- sama menuju ke atas podium. 

Setelah itu, ibu wisudawati tersebut bersalaman dan berfoto bersama anaknya beserta rektor UGM Prof Ova Emilia. Suara riuh tepuk tangan pun serentak menyeruak di Grha Sabha Pramana. 

Setelah itu, Rektor UGM Prof Ova Emilia mengawali menyanyikan lagu 'Bunda'. Kemudian dua dosen maju dan  menyaikan lagu 'Bunda' bersama Prof Ova Emilia.

Saat dihubungi, Ova menceritakan momen tersebut. 

"Dia (wisudawati) anak Prodi Keperawatan. Yang kebetulan dia itu kelihatanya zero ya, karena Dia berasal dari keluarga yang kurang mampu, termasuk yang dari ya kalau dulu namanya bidikmisi," ujar Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ova Emilia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/08/2023). 

Wisudawan tersebut berdiri di podium mewakili yang lainya untuk menyampaikan sambutan di acara wisuda. 

Prof Ova mengungkapkan wisudawati tersebut selama kuliah di UGM jauh dari orang tuanya. 

"Kebetulan ibunya tinggalnya jauh. Jadi dia memang berjauhan, makanya kemarin sebagai bentuk apresiasi dan mengingatkan semuanya. Kadang-kadang orang lupa kalau sudah berhasil, lupa siapa yang mendukung," ucapnya. 

Prof Ova mengaku memang menyukai lagi berjudul 'Bunda' tersebut. Sebelum acara tersebut hanya sempat latihan sebanyak satu kali. 

"Ini sebagai bentuk sebetulnya seperti general feeling, Saya juga punya anak, saya punya ibu jadi artinya lagu itu sangat menyentuh sekali," tandasnya. 

Di sisi lain, lagu 'Bunda' lanjut Prof Ova sangat tepat dengan situasi wisuda. Sebab lagu tersebut mengingatkan akan peran dan pengorbanan para orang tua dalam kesuksesan anaknya. 

"Sangat pas lah dengan situasi, moment kemarin, supaya orang mengingat akan peran dan penghargaan kepada orang tua," urainya. 

Prof Ova Emilia menjelaskan memang di setiap acara wisuda Universitas Gadjah Mada (UGM) selalu mengusung tema yang berbeda-beda. 

"Sudah beberapa kali, tapi memang temanya beda-beda. Dulu pernah misalnya tentang champion, jadi memberi semangat supaya mereka juga fight terus, kamu itu adalah pemenang-pemenang dalam pergulatan ini," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/26/005822678/momen-haru-wisuda-ugm-yogyakarta-rektor-dan-dosen-nyanyi-lagu-bunda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke