Salin Artikel

Setahun Berlalu, Pembunuh Iwan Boedi di Semarang Belum Tertangkap...

KOMPAS.com - Kasus dugaan pembunuhan Iwan Boedi, saksi kasus korupsi hibah tanah di Semarang, Jawa Tengah, masih belum terungkap.

Jasad aparatur sipil negara (ASN) Bapenda Kota Semarang itu ditemukan mengenaskan di kawasan Pantai Marina Kota Semarang, pada Jumat (9/9/2022).

Seiring waktu, muncul dugaan kasus dugaan pembunuhan itu melibatkan orang berpengaruh.

Namun demikian, polisi mengaku masih belum memastikan dugaan tersebut.
Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Satake Bayu Setianto mengatakan, saat ini penyidik gabungan sedang melakukan upaya pengungkapan.

"Kita belum memastikan itu. Tapi di satu sisi kita sedang berupaya mengungkap kasusnya," katanya, Kamis (24/8/2023).

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah orang yang tergabung dalam Jaringan Lintas Agama untuk Kemanusiaan (Jalak) menggelar aksi jalan kaki dari Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) menuju Mapolda Jateng.

Dirinya juga berharap kasus Iwan Boedhi tak seperti yang dialami oleh Marsinah, Udin, Wiji Tukul dan Munir.

"Otak pelakunya sama sekali tak tersentuh," paparnya.

"Jangan sampai asumsi-asumsi seperti ini menggelinding bak bola salju di tengah masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, pengacara keluarga korban Yunantyo Adi Setiawan menyebutkan, pembunuhan Iwan Boedhi diduga telah direncanakan dengan terstruktur oleh orang yang berkuasa.

"Ya kalo kami mendiskusikan ini dengan beberapa pihak, memang ini berencana, cukup rapi, sehingga kita menilai kalo ini kemungkinan ini ada kepentingan besar di balik peristiwa ini dan cukup berkuasa dan melibatkan orang-orang profesional," ungkapnya saat berada di rumah mendiang Iwan Boedi, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang, Kamis (8/6/2023).

Selain itu, pembunuhan kliennya itu diduga kuat berlatar politik dan biasanyasering kali sulit untuk diungkapkan.

Namun demikian, pihak keluarga korban juga mengaku lega melihat polisi masih melaporkan perkembangan kasus secara berkala.

"Tadi sudah disampaikan ini menjadi atensi Menkopohukam, yang sekaligus kompolnas, terkait itu kami memang betul-betul masih menaruh harapan kepada kepolisian, kasus ini bisa segera terungkap," tandasnya.

Jejak terakhit Iwan terekam CCTV saat berada di traffic light AKPOL. Iwan hilang sehari sebelum diundang Ditreskrimsus untuk diminta keterangan terkait kasus penyelewengan aset.

(Penulis : Muchamad Dafi Yusuf | Editor : Khairina)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/25/072603978/setahun-berlalu-pembunuh-iwan-boedi-di-semarang-belum-tertangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke