Salin Artikel

Boneka Mirip Kaws di Tumpukan Sampah di Yogya, Cak Ncop Sebut Awalnya Iseng

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Karya olahan gambar menggunakan artificial inteligence (AI) milik Cak Ncop menuai banyak pujian dari warganet. 

Gambar yang diunggah di media sosial Instagram itu ditulis keterangan "Jogja Ora di-Doll".

Gambar karya Cak Ncop ini menunjukkan boneka berwarna merah muda tertidur di lokasi dengan sampah berserakan, di sisi kiri terdapat gerobak sampah berwarna kuning dengan tulisan Jogjaku Bersih.

Saat dihubungi Cak Ncop menjelaskan bahwa tujuan dari pembuatan gambar tersebut awalnya hanya iseng-iseng dan hanya untuk mengisi konten serta untuk hiburan semata.

"Salah satu platform AI kebetulan sangat “playable” dan hasilnya sangat menghibur jika diupload," kata Cak Ncop saat dihubungi melalui direct message (DM) Instagram, Rabu (23/8/2023).

Pembuatan gambar tersebut juga sekaligus sebagai wahana dirinya menganalisa pola kerja penciptaan gambar melalui AI, untuk tujuan edukasi.

Disinggung soal karyanya bentuk respon dengan keadaan Kota Yogyakarta yang sedang berkutat dengan sampah, dia menjelaskan awalnya tidak sengaja tetapi ide visualnya memang terinspirasi dari kondisi sekitarnya.

"Karena dampaknya (darurat sampah) memang dirasakan semua yang tinggal di DIY kan, tidak saya pungkiri, tanpa disadari mungkin juga respon spontan muncul akibat situasi terkini. dipadukan dengan isu lain yang sedang ramai dibicarakan," kata dia.

Beberapa komentar mengasosiasikan karyanya ini dengan patung Kaws yang dipajang di Candi Prambanan, terkait hal ini Cak Ncop mengaku tidak mengetahui sama sekali patung Kaws di Prambanan.

Namun, karena banyaknya kawan-kawannya mengunggah foto Kaws di Prambanan hal itu menjadi ide iseng untuk memvisualkan trend tersebut dengan menggunakan pendekatan AI.

"Saya penasaran aja seperti apa hasil visualisasinya. dengan sedikit modifikasi, ternyata hasilnya yang serupa tapi tak sama, audiens langsung mengasosiasikannya dengan kaws," ujar dia.

Menyoal caption "Jogja ora di-Doll", Cak Ncop menjelaskan bahwa kata-kata itu hanya sebatas caption di Instagram.

"Bukan judul juga sih, hanya caption aja karena salah satu objeknya adalah boneka (doll). lalu saya coba memplesetkannya, dari frasa populer “jogja ora didol” yang marak sejak beberapa tahun belakangan," jelasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/24/001401378/boneka-mirip-kaws-di-tumpukan-sampah-di-yogya-cak-ncop-sebut-awalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke