Salin Artikel

Adu Banteng Truk Ekspedisi Vs Truk Pengangkut Telur, Dua Sopir Terjepit hingga Patah Kaki

Selain itu, dua orang lain mengalami luka ringan. Para korban sudah dilarikan ke RSUD Wates. 

“Kedua korban langsung dibawa ke RSUD Wates untuk penanganan medis lebih lanjut. Sementara kedua kernet truk luka ringan. Total empat korban dalam kondisi selamat,” kata Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto via pesan, Rabu (23/8/2023).

Korban dalam tabrakan itu sopir dan kernet dari masing-masing truk. Kecelakaan melibatkan truk pengangkut barang paket dan telur. 

Isuzu ELF AD 1384 KJ merupakan truk ekspedisi yang mengangkut barang paket. Sopir truk Triyadi (43) melaju dari Utara sekitar pukul 05.30 WIB. 

Saat bersamaan, truk AG 8850 KJ datang dari Selatan membawa telur dengan muatan sekitar 4 ton. Truk disopiri Budi (37) asal Kabupaten Blitar.

Kedua truk bertemu di sebuah tikungan landai. Dalam keterangan tertulis dari Basarnas, truk telur berjalan terlalu ke kanan memakan jalur di sebelahnya. Lalu truk telur berpapasan dengan truk paket. 

Beruntung telur tidak berhamburan karena bak truk tertutup terpal. Namun, pecahannya menetes di jalan raya bercampur dengan solar. 

“Tiga orang terjepit,” kata Pipit.

Basarnas mengirim satu tim rescue  dari unit siaga Kulon Progo. Tim ini dilengkapi peralatan ekstrikasi khusus menangani korban kecelakaan lalu lintas yang terjepit.

Proses evakuasi berlangsung cukup lama hingga 1 jam 30 menit. Empat korban bisa diselamatkan dalam kondisi sadar. 

Humas PMI Kulon Progo, Wisnu Rangga mengungkapkan, kedua sopir mengalami luka berat pada tungkai kanan bawah lutut. Kondisi keduanya sadar saat dievakuasi. 

“Korban mengalami open fraktur (patah tulang terbuka) di tungkai kanan bawah lutut. PMI bawa satu korban dan PSC bawa satu korban,” kata Rangga.

Sementara itu, dua kernet dalam keadaan luka ringan dan hanya diobati di tempat. 

Rangga mengungkapkan, kecelakaan lalu lintas meningkat tajam di Rabu pagi ini. Adu banteng di Sogan merupakan salah satu dari empat kecelakaan lalu lintas yang terjadi antara pukul 05.00 – 07.30 WIB. 

Selain tabrakan antar truk, kecelakaan terjadi antara dua motor di wilayah Milir dengan dua korban luka. Lalu tabrakan dua motor dengan dua korban juga terjadi di wilayah Klampis. Kemudian, tiga korban juga muncul di laka lantas antara dua motor di wilayah UNY Wates. 

“Totalnya sampai 10 pasien dalam waktu hampir bersamaan. UGD RSUD sampai overload, hingga ada korban diarahkan ke rumah sakit lain,” kata Rangga.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/23/122802078/adu-banteng-truk-ekspedisi-vs-truk-pengangkut-telur-dua-sopir-terjepit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke