Salin Artikel

Dapat Remisi HUT Ke-78 RI, Napiter Perempuan di Gunungkidul Langsung Bebas

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seorang warga binaan atau narapidana terkait kasus terorisme yang mendekam di Lapas Perempuan IIB Yogyakarta di Wonosari, Gunungkidul, langsung bebas di HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/2023). 

"Secara keseluruhan di lapas Perempuan 121 yang menerima remisi, salah satunya warga binaan terorisme," Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta Evy Loliancy di Lapas IIB Wonosari, Kamis. 

Diijelaskannya, ada dua warga binaan yang terkait terorisme. Namun hanya satu yang langsung bebas yakni atas nama Aulia Saleh (32) yang dijatuhi vonis oleh PN Jakarta Timur selama 3 tahun penjara. 

Dia mendapatkan remisi umum 2 bulan tahun 2022 selama 2 bulan, remisi khusus sebesar 1 bulan, dan remisi umum 2023 sebesar 3 bulan.

Perempuan asal Makassar ini langsung bebas di hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

"Hari ini yang bersangkutan bebas, nanti dijemput dari BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) dan Densus 88," kata dia.

Untuk pendampingan, ada wali yang melihat perkembangan, ada pembinaan kerohanian dan bulan Maret 2023 lalu Aulia juga menyatakan ikrar kepada NKRI. 

Total hari ini di Lapas Perempuan ada 3 orang yang bebas. Dua di antaranya kasus kriminal pencurian dan penipuan. 

Kepala Lapas Kelas IIB Wonosari, Marjiyanto mengatakan 132 orang warga binaan mendapatkan remisi.

Terbanyak mendapatkan 5 bulan, ada 7 bulan, dan jumlah terbanyak warga binaan mendapatkan remisi 1 bukan sebanyak 72 orang.  

"Yang bebas hari ini ada 2 orang," kata Marjiyanto. 

Kasus yang terbanyak klitih, diikuti pencurian, dan kasus lainnya. 

"Tidak ada yang bebas hari ini," kata dia. 

Remisi diberikan oleh Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto di Lapas IIB Wonosari. Heri mengucapkan terima kasih, sebagian warga binaan yang kembali ke masyarakat atau bebas. 

"Warga binaan yang bebas dan mudah-mudahan bisa kembali ke masyarakat dengan baik," kata Heri

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/17/130937278/dapat-remisi-hut-ke-78-ri-napiter-perempuan-di-gunungkidul-langsung-bebas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke