Salin Artikel

Minta Sumbangan Mengaku dari Ponpes Tangerang, 9 Warga Lampung Diamankan di Bantul

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Sebanyak 9 orang warga Lampung, peminta sumbangan yang mengaku dari Pondok Pesantren Tangerang diamankan di Bantul, DI Yogyakarta. Diduga fiktif, seluruh hasil diserahkan ke masjid. 

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan, peristiwa ini bermula saat laporan warga yang curiga terhadap dua orang yang datang meminta sumbangan di Padukuhan Mangir Lor, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan. 

Warga yang curiga kemudian memfoto dua orang tersebut dan mengunggah di grup WhatsApp kampung.

Kemudian, salah seorang warga memberitahukan kepada petugas Polsek Pajangan. 

"Laporan warga masyarakat tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh piket unit Reskrim Polsek Pajangan dengan mencari dan mengamankan kedua orang tersebut," kata Jeffry kepada wartawan melalui telepon Rabu (16/8/2023)

Dikatakannya, setelah diamankan, keduanya dimintai keterangan dan mengaku datang bersama tujuh orang. Ketujuh orang itu berada di Kapanewon Pandak, Bantul. 

Total ada 9 orang, yang 1 orang sebagai sopir sedangkan yang 8 orang pencari sumbangan yakni SP, MZ, ZN, FS, RP, YK, SZ, MH.

Meski mengaku dari sebuah Ponpes di Tangerang, tetapi kesembilan orang ini beralamat KTP di Lampung. 

"Diduga fiktif, dari kedelapan pelaku terkumpul Rp 903.000," kata Jeffry. 

Pihaknya mengimbau kepada pencari sumbangan tentang tata cara meminta sumbangan yang baik agar tidak melanggar peraturan dan tidak meresahkan warga masyarakat.

Masyarakat juga diimbau untuk berhati-hati saat menerima tamu orang tidak dikenal, termasuk dalih untuk sumbangan. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/16/090054978/minta-sumbangan-mengaku-dari-ponpes-tangerang-9-warga-lampung-diamankan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke