Salin Artikel

Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Anies: Kan dari Dulu Bukan Bagian dari Koalisi Kami

Golkar dan PAN sepakat bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Keempat parpol itu pun mendukung Prabowo sebagai bakal calon presiden. 

Menanggapi peristiwa politik terbaru itu, Anies mangaku menghormati keputusan kedua Partai Politik (Parpol) tersebut.

"Kan memang dari dulu, bukan bagian koalisi dari kami. Jadi, kami menghormati," kata Anies Baswedan, saat ditemui di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Minggu (13/8/2023).

Ia juga menilai dengan adanya gabungan sejumlah parpol itu, tidak ada yang berubah dalam langkah berpolitik Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Bahkan dulu, namanya Koalisi Indonesia Bersatu. Sudah ada sebelum kami. Jadi tidak ada yang baru," katanya.

ebagai informasi, Partai Gerindra dan PKB serta Partai Golkar dan PAN resmi berkoalisi untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Tak hanya berkoalisi, keempatnya juga menyatakan dukungan pencapresan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dalam acara pernyataan dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Koalisi ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama politik oleh empat ketua umum partai politik masing-masing, yakni Muhaimin Iskandar dari PKB, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Airlangga Hartarto dari Golkar, serta Prabowo sendiri.

Dalam kerja sama politik ini, Prabowo memastikan bahwa masing-masing partai politik akan diberikan porsi yang sama untuk membahas nama bakal cawapres.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/13/172935678/golkar-dan-pan-dukung-prabowo-anies-kan-dari-dulu-bukan-bagian-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke