Salin Artikel

Temuan Diduga Kerangka Manusia di Kecamatan Keraton Yogyakarta Dibawa Polda DIY ke RS Bhayangkara

Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharja mengatakan kronologis temuan diduga kerangka manusia berawal dari saksi yang melihat unggahan di media sosial Facebook yang berisi temuan diduga tengkorak.

"Saksi mengecek ke lokasi dan benar bahwa di lokasi Galian Proyek Beteng Kraton, telah ditemukan diduga tengkorak manusia. Kemudian saksi melapor ke Polsek Kraton," kata Timbul saat dihubungi, Senin (7/8/2023).

Selanjutnya pada pukul 15.35 WIB, anggota Gabungan Fungsi Polsek Kraton mendatangi lokasi penemuan diduga kerangka manusia di Jl Suryomentaraman Wetan Panembahan, untuk mengamankan TKP.

Selanjutnya menghubungi Inafis dan Piket Reskrim Polresta Yogyakarta.

"Pukul 16.00 Wib Tim Inafis dan Piket Reskrim Polresta, tiba di TKP dan langsung melakukan olah TKP. Selanjutnya penemuan tersebut dibawa ke RS Bhayangkara," pungkas Timbul.

Sebelumnya, Warga Jalan Suryomentaraman, Panembahan, RW 14, RT 05, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta digegerkan dengan temuan barang yang diduga tengkorak manusia.

Benda yang diduga tengkorak manusia ini ditemukan pada proyek revitalisasi beteng Keraton Yogyakarta, Margi Hinggil.

Ketua RW 14 Kurniawan mengatakan, dirinya mengetahui adanya temuan barang yang diduga tengkorak dari status WhatsApp warganya. Status itu ia lihat kurang lebih pada pukul 13.00 WIB.

"Saya koordinasi dengan RT setempat ternyata memang benar ditemukan tengkorak," ujarnya, Senin (7/8/2023).

Menurut dia, tak hanya sekali ini temuan yang diduga tengkorak tetapi di lokasi lainnya juga pernah ditemukan barang yang diduga tulang belulang.

"Ternyata enggak cuma 1 ini tapi kemarin di utara juga ada tetapi enggak utuh. Kalau ini utuh maka bu RT kontak kelurahan lalu pak babin dan dari koramil datang ke sini," katanya.

Menurut dia, temuan yang diduga tengkorak ini masih dalam keadaan utuh karena tak hanya tengkorak yang ditemukan tetapi juga setengah dari badan juga masih terlihat.

"Setengah badan tapi setengahnya lagi masih terpendam. Jadi tadi tukangnya tidak berani melanjutkan karena ditakutkan merusak itu kerangkanya. Diberikan ke Inafis," katanya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/08/063627178/temuan-diduga-kerangka-manusia-di-kecamatan-keraton-yogyakarta-dibawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke