Salin Artikel

Gibran Dinilai Sukses Pimpin Kota Solo, FX Rudy: Layak Jadi Calon Gubernur

KOMPAS.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dinilai layak mencalonkan diri sebagai gubernur usai dianggap sukses memimpin Kota Solo.

Penilaian tersebut disampaikan Ketua DPC PDIP, FX Hadi Rudyatmo atau yang akrab disapa FX Rudy.

Meski begitu, dia menegaskan, perihal langkah politik Gibran selanjutnya tetap bergantung pada keputusan putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

"Apakah Mas Gibran mau melanjutkan (sebagai Wali Kota Solo) atau mau jadi gubernur, itu hak Mas Gibran sendiri," kata FX Rudy, dikutip dari TribunSolo.com.

Menurut FX Rudy, sejauh ini langkah politik yang diambil Gibran sudah sangat baik. Bahkan dia siap memenangkan Gibran sebagai gubernur bila Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, telah memberi rekomendasi.

"Kalau Mbak Mega nanti memberikan rekomendasi, hukumnya wajib untuk memenangkan dan melaksanakan," ujar FX Rudy.

Dia menambahkan, saat ini Gibran telah memiliki semua kelayakan untuk mencalonkan diri sebagai gubernur.

"Sesuai dengan aturan layak semua. Pendidikan sudah layak, (hasil) memerintah di Kota Surakarta juga sudah layak," ucap FX Rudy.

"Tentunya tinggal bagaimana Mas Gibran, mau meneruskan periode kedua sebagai wali kota atau menuju ke yang lebih atas, itu hak Mas Gibran sendiri," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul "FX Rudy Sebut Gibran Sudah Layak Jadi Gubernur: Tinggal Mau 2 Periode Atau Maju Lebih ke Atas"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/06/212433478/gibran-dinilai-sukses-pimpin-kota-solo-fx-rudy-layak-jadi-calon-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke