Salin Artikel

Ramai Video Warga Lempar Sampah ke Truk Sampah, Pj Wali Kota Yogyakarta: Euforia Truk Datang

Terkait video warga melempar sampah ke truk berwarna oranye ini Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo sebut peristiwa ini merupakan euforia warga.

“Euforia truknya datang senang gembira, caranya mereka menaruh sampah ke truk,” ujar Singgih di Balaikota Yogyakarta, Jumat (4/8/2023).

“Aksi lempar sampah di truk itu bukan sebuah tragedi, itu euforia kegembiraan,” imbuh Singgih.

Pemkot Yogyakarta sendiri saat ini sedang gencar kampanye pengelolaan sampah dengan metode "Mbah Dirjo", atau Mengolah Limbah dan Sampah dengan Biopori Ala Jogja.

Metode ini diyakini dapat mengurangi sampah organik yang dihasilkan di Kota Yogyakarta.

“Kita punya 200 ton perhari (sampah), 15 ton sudah ke Kulon Progo dan 100 ton ke TPA Piyungan. Sisanya ini kita reduksi dengan gerakan Mbah Dirjo ini,” kata Singgih.

Menurut dia, gerakan Mbah Dirjo ini adalah gerakan jangka pendek tetapi juga akan berdampak pada jangka panjang.

Adanya pemilahan sampah organik dan anorganik maka dapat mempermudah dalam penyelesaian permasalahan sampah.

“Organik bisa selesai dengan komposting anorganik bisa ke bank sampah, plastik, kertas disendirikan bisa monetizing,” ucap dia.

Bahkan, Pemerintah Kota Yogyakarta wajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) terapkan metode Mbah Dirjo untuk atasi sampah organik.

Singgih berkeyakinan, dengan metode Mbah Dirjo dapat menurunkan sampah organik dengan jumlah yang banyak.

Pemkot Yogyakarta juga sudah menghitung besaran sampah organik yang dapat dikurangi dengan metode Mbah Dirjo, yakni sebesar 30 persen dari total 200 ton sampah yg dihasilkan perharinya.

"Kemarin kita hitung 30 persen dari 200 ada sekitar 60an ton, jadi ini gerakan secara masif yang saya tidak hanya mendorong masyarakat, tapi saya wajibkan juga untuk seluruh pegawai di Pemkot dan BUMD untuk bersama-sama dengan masyarakat," jelasnya.

Bahkan dalam penerapan Mbah Dirjo para ASN wajib memotret sebagai bukti yang dilaporkan kepada atasan masing-masing.

"Wajib minimal 1, kemudian nanti foto bukti dikirim ke atasan masing-masing dan rekapnya diserahkan ke saya," ucap Singgih.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/04/195033378/ramai-video-warga-lempar-sampah-ke-truk-sampah-pj-wali-kota-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke