Salin Artikel

Pemda DIY Kaji Jenis Ikan yang Cocok untuk Pembenihan di Pelabuhan Tanjung Adikarto yang Mangkrak

Asisten Sekretaris Daerah DIY (Sekda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana mengatakan, pengalihan pelabuhan itu untuk pusat perbenihan akan ikan bersifat sementara.

“Kami manfaatkan untuk perbenihan ikan di kolam yang sudah ada,” ujar Tri, saat ditemui di kantornya, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, DIY, pada Kamis (3/8/2023).

Namun, untuk menggunakan Tanjung Adikarto menjadi sebuah tempat pembenihan ikan dibutuhkan telaah singkat, yakni jenis ikan apa yang cocok dan bagaimana karakteristik air di lokasi tersebut.

“Perlu telaah singkat sejauh mana bisa berjalan untuk perbenihan ikan ini, karena sifat dari kolam pelabuhan itu kontrol terhadap air tawar dan air laut kadang-kadang mix kira-kira perlu kajian ikan yang cocok itu apa,” kata dia.

Saat ini sedang dalam proses pengkajian terkait ikan apa yang cocok dan bagaimana nanti pengelolaan airnya.

“Iya (pengkajian), ikan yang cocok apa dan treatment airnya seperti apa. Sementara, sebelum fungsi pelabuhan dilaksanakan,” kata dia.

Tri menuturkan, mangkraknya Pelabuhan Tanjung Adikarto ini karena adanya permasalahan pasir yang mengendap.

Menurut dia, permasalahan endapan pasir ini dapat diselesaikan jika dilakukan pengerukan.

“Tetapi, hasil kerukan pasir itu tidak boleh dijual, sehingga kalau kemudian dikeruk dan tidak boleh dijual biaya pengelolaannya dari mana,” kata dia.

Melakukan pengerukan memerlukan biaya yang tidak sedikit sedangkan saat ini aturan soal penjualan pasir pantai masih belum jelas bagi Pemda DIY.


“Nah, dengan demikian maka menjadi tidak bisa dibilang ekonomis mengoperasikan pelabuhan dengan biaya pengerukan pasir,” ucap dia.

“Kalau kita abaikan masalah sisi ekonomis, tapi tetap dikeruk, pasirnya mau ditaruh mana. Kalau ditempatkan di situ banyak banget,” ucap dia.

Sebelumnya, Pelabuhan Tanjung Adikarto yang terletak di Kapanewon Temon, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mangkrak belasan tahun.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta agar Pelabuhan Tanjung Adikarto dialihkan sementara untuk pembenihan.

“Studinya belum selesai, daripada mangkrak, mau kita usahakan untuk pembenihan. Jadi, diisi itu,” ujar Sultan, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, pada Kamis (13/7/2023).

Sultan menambahkan, untuk dijadikan sebagai lokasi pembenihan, masih diperlukan persiapan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/03/143418478/pemda-diy-kaji-jenis-ikan-yang-cocok-untuk-pembenihan-di-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke