Salin Artikel

TPA Regional Piyungan Saat Ini Dibuka Selama 3 Hari, Tutup 1 Hari

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kuncoro Cahyo Aji menjelaskan untuk sekarang ini dibuka secara terbatas.

“TPA Regional Piyungan tiga hari kami buka satu hari kita tutup, satu hari kita tutup untuk menata dan evaluasi,” ujar Cahyo saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (2/8/2023).

Menurut Cahyo, masalah sampah sangat dinamis tidak tetap tiap harinya. Sekarang ini TPA Regional Piyungan hanya menerima sampah dari Kota Yogyakarta secara terbatas dengan jumlah per hari 100 ton.

“Itu bukan metode selamanya, tetapi tergantung dari hasil evaluasi kalau memungkinkan 4 hari ya 4 hari (buka). Untuk saat ini kita putuskan 3-1,” katanya.

Cahyo menambahkan, walaupun TPA Regional PIyungan dibatasi hanya menerima 100 ton sampah per hari dari Kota Yogyakarta, pihaknya belum bisa memprediksi sampai berapa bulan umur TPA Regional Piyungan saat ini.

“Sangat dinamis komposisi bisa turun, jadi tidak dalam satuan waktu berapa hari. Kita evaluasi setiap 3 hari, tiga hari buka untuk 100 ton lalu kita tutup untuk evaluasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Sampah masih menjadi permasalahan di Kota Yogyakarta. Pada Senin (31/7/2023), sampah terlihat berserakan di trotoar Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta.

Bahkan, karena jengkel petugas parkir di kawasan Pasar Beringharjo membuat larangan membuang sampah bertuliskan ‘Buang sampah di sini siap dimassa!”.

“Jengkel karena banyak yang buang di trotoar, sampah itu bukan dari pasar tapi ada orang lewat tiba-tiba buang sampah di situ,” kata petugas parkir Pasar Beringharjo Heri saat ditemui, Senin (31/7/2023).

Dia mengatakan, tumpukan sampah di trotoar dekat dengan Pasar Beringharjo sejak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan ditutup.

Karena banyaknya orang yang lewat lalu membuang di area tersebut tak hanya tulisan yang dibuat tetapi juga diberi penghalang berupa bambu-bambu.

“Kemarin berserakan lalu dijadikan satu sama teman-teman, dijadikan satu di karung. Lalu dipalang bambu biar enggak pada buang di situ,” kaat dia.

Walaupun sudah diberikan tulisan dengan nada ancaman, dirinya dan teman-teman pernah memergoki seseorang yang nekat membuang sampah di area trotoar Pasar Beringharjo.

“Pernah pergoki satu orang ya enggak di-massa, tapi diingatkan dan sampahnya suruh bawa pulang lagi,” katanya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/02/161712378/tpa-regional-piyungan-saat-ini-dibuka-selama-3-hari-tutup-1-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke