Salin Artikel

Embusan Angin Pesawat Mendarat di Bandara YIA Rugikan Warga, Kepala Dusun: Genteng Rontok dan Pohon Tumbang

KULON PROGO, KOMPAS.com – Embusan gas buang pesawat mendarat berdampak pada warga di sekitar Bandara Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Beberapa warga di dua RT Pedukuhan Pasir Mendit, Kalurahan Jangkaran, mengaku mengalami kerusakan bangunan akibat embusan keras gas buang itu.

Kerusakan seperti genteng atap rumah dan masjid berhamburan, gapura rusak, pohon kelapa tempat orang menyadap nira bergoyang keras, dan pohon cemara udang tumbang.

“Landing itu buang angin. Anginnya kencang seperti kereta suaranya. Kalau pas kena pohon, banyak daun yang rontok,” kata Dukuh (kepala dusun) Pasir Mendit, Nasir Bintoro via telepon, Minggu (23/7/2023).

Dampak yang dirasakan tidak terjadi pada semua pendaratan pesawat. Peristiwa  dampak pesawat itu terjadi ketika gas buang mengarah ke pemukiman.

Kerugian tidak sedikit. Seperti di kawasan wisata Mangrove Jembatan Api-api (MJAA), gapura sempat rusak dengan kerugian sekitar Rp 10 juta. Sementara, ada pula laporan warga yang mengalami genteng rumah rontok hingga menimbulkan kerugian Rp 5 juta.

Dukuh Nasir mengungkapkan, pihaknya sudah menyampaikan keluhan ke berbagai pihak, pertama melalui kantor Kalurahan Jangkaran. Keluhan diyakini sudah didengar PT Angkasa Pura I (Persero).

Sayangnya, warga belum merasakan tindak lanjut yang berarti sampai sekarang.

Selain menyalurkan keluhan, warga selama ini belum mengambil sikap apa pun terkait hal ini. Warga mengharapkan solusi terbaik lantaran kerugian yang dialami terbilang besar dan terus berlangsung.

“AP (Angkasa Pura) belum ada respons,” kata Nasir.

Melalui keterangan tertulisnya, AP I tengah menjembatani komunikasi semua pihak terkait keluhan warga. Hal ini dilakukan agar menjamin fasilitas YIA mendukung sepenuhnya operasi pesawat terbang dengan baik dan sesuai dengan ketentuan sehingga mencegah adanya dampak dari operasional pesawat yang dapat menyebabkan kerugian pada masyarakat.

“Kami menyampaikan turut berempati atas situasi yang dialami oleh warga. Mengenai situasi yang dialami warga, perlu pengecekan lebih mendalam terhadap penyebab dan kondisi di lapangan,” kata Ike melalui rilis tertulis.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/07/23/145505878/embusan-angin-pesawat-mendarat-di-bandara-yia-rugikan-warga-kepala-dusun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke