Salin Artikel

Kala Kapal Rombongan Komisi IV DPR Terjebak di Perairan Demak

KOMPAS.com - Kapal yang mengangkut rombongan Komisi IV DPR RI sempat terjebak di perairan dekat tempat pelelangan ikan (TPI) Morodemak, Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada Senin (17/7/2023).

Selain jajaran Komisi IV DPR RI, Bupati Demak, Eisti'anah, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Demak juga turut berada di dalam kapal itu.

Adapun penyebab kapal itu terjebak di perairan adalah sendimentasi yang cukup tinggi dan surutnya air laut. Akibatnya, kapal tersebut harus ditarik oleh kapal nelayan agar dapat kembali melaju.

Pengerukan sendimentasi

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini mengatakan, pengerukan sendimentasi di sekitar Morodemak perlu dilakukan.

Pasalnya, dia menjelaskan, perairan di sekitar Morodemak itu merupakan jalur bagi kapal nelayan.

"Kami saja terjebak tidak bisa mundur, maju tidak bisa. Memang pendangkalan luar biasa dan itu benar pasir. Pendangkalan sendimentasinya pasir yang sangat kuat, pasir gunung," kata Anggia, dikutip dari TribunJateng.com, Selasa (18/7/2023).

Masih cari solusi

Bupati Demak, Eisti'anah menyampaikan, pihaknya masih mencari solusi terbaik untuk warga Morodemak.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Eisti itu pun berharap kunjungan rombongan DPR RI kali ini bisa membantu menemukan jalan keluar untuk persoalan sendimentasi di perairan Morodemak.

"Kami ingin ada solusi yang memang terbaik untuk masyarakat di desa tersebut," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul "Kapal Rombongan DPR RI Terjebak di Perairan Demak Lantaran Sendimentasi dan Pasang Surut"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/07/18/074902978/kala-kapal-rombongan-komisi-iv-dpr-terjebak-di-perairan-demak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke