Salin Artikel

Hewan Ternak di Dua Kapanewon Terdekat dari Semanu Gunungkidul Bakal Divaksin Antraks

“Kami melakukan vaksinasi di dua kapanewon terdekat, kalau kapanewon terdekat dengan lokasi itu ya Kapanewon Ponjong dan Karangmojo,” ujar kepala DPKP DIY, Sugeng Purwanto saat dihubungi, Rabu (12/7/2023).

Seperti diketahui bahwa kasus antraks ditemukan di Dusun Jati, Candirejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Dari temuan antraks diketahui satu orang meninggal dunia, 6 sapi dan 6 kambing mati karena terkena bakteri ini.

“Kami sudah mengajukan tambahan dosis vaksin antraks, minimal ada 10 ribu dosis dari pusat,” kata dia.

Ia menambahkan, penanganan antraks di Gunungkidul ini dilakukan dengan paralel dan berkesinambungan. Vaksinasi dijalankan dan pengendalian juga terus dilakukan.

Sampai sekarang, terdapat 77 sapi dan 289 kambing di Dusun Jati yang sudah menerima vaksin antraks, nantinya vaksinasi akan dilakukan kembali.

“Kami sudah lakukan vaksinasi secara menyeluruh nanti 2 minggu atau satu bulan dilakukan pengulangan,” kata dia.

Sampai sekarang ternak di area Dusun Jati masih diberlakukan isolasi, artinya ternak yang berada di dusun tersebut tidak diperbolehkan keluar dari dusun.

“Sampai nanti betul-betul diyakini dampak antraks pada titik zero, bisa cepat bisa lama. Tergantung nanti, saat ini masih kita pantau terus,” ucapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/07/13/092429078/hewan-ternak-di-dua-kapanewon-terdekat-dari-semanu-gunungkidul-bakal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke