Salin Artikel

Ruas Jalan Rusak yang Disebut "Wisata Jeglongan Sewu" di Gunungkidul Mulai Diperbaiki

"Sudah mulai diperbaiki. Kami juga meminta maaf kepada penggunaja jalan yang aksesnya terganggu karena adanya perbaikan tersebut," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko saat dihubungi wartawan melalui telepon Senin (10/7/2023).

Dia  mengatakan ruas jalan Karangmojo-Semanu memiliki panjang sekitar 5,3 kilometer. Sebagian besar kondisi jalannya rusak rusak parah. Untuk perbaikan, harus dilakukan bertahap karena keterbatasan anggaran.

Adapun untuk perbaikan tahap pertama menghabiskan anggaran Rp 1,6 miliar. Adapun rinciannya Rp 700 juta bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Rp 900 juta bersumber dari Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) Kapanewon Karangmojo.

Untuk itu, pemerintah mengusulkan dana inpres perbaikan jalan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Semoga bisa disetujui sehingga kelanjutan perbaikan dilaksanakan menggunakan dana inpres perbaikan jalan," kata Irawan.

Dari pengamatan, salah satu titik yang dikerjakan berada di selatan SMA Negeri 1 Karangmojo dengan menggunakan alat berat. Pengerjaan dimulai sejak Jumat (8/7/2023) lalu, sehingga arus lalu lintas dialihkan sementara.

"Semoga bisa diperbaiki semua, sehingga masyarakat bisa lancar beraktivitas. Jalannya memang sudah parah," kata Salah seorang warga Karangmojo, Widodo.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/07/10/175157278/ruas-jalan-rusak-yang-disebut-wisata-jeglongan-sewu-di-gunungkidul-mulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke