Salin Artikel

Tak Tampak Mendampingi Jokowi di Gedung Agung, Sultan Shalat Idul Adha di Keraton

Pejabat Walikota Yogyakarta shalat Idul Adha bersama Presiden Joko Widodo.

Hadir dalam shalat Idul Adha di halaman Gedung Agung Yogyakarta Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. 

Sementara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X menjalankan shalat Idul Adha di Keraton. 

"(Sultan shalat Idul Adha) di Masjid Panepen, Keraton," kata Koordinator Bagian Humas Biro Umum, Humas Protokol Sekretariat DIY Ditya Nanaryo Aji. 

Presiden Jokowi keluar menuju halaman depan gedung Agung Yogyakarta sekitar pukul 05.55 WIB. Jokowi tampak mengenakan peci hitam dan kemeja putih lengan panjang.

Presiden menempati saf pertama duduk bersebelahan dengan kakak iparnya Haryanto dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Tepat pukul 06.30 WIB Shalat Idul Adha di halaman depan Gedung Agung Yogyakarta dimulai.

Pada salat Idul Adha, Jauhar Mustofa bertindak selaku imam sekaligus khatib. Sehari-hari ia bertugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

"Hari ini merupakan momentum yang penuh dengan kebahagiaan dan keberkahan. Hari ketika jutaan kaum muslimin berkumpul di tempat yang dimuliakan dan diberkahi oleh Pencipta dan pemilik alam semesta untuk mewujudkan ketaatan dalam ibadah mulia yaitu ibadah haji," ujar Jauhar Mustofa dalam khutbahnya, Kamis (29/06/2023).

Dia mengatakan orang beriman akan selalu mampu memanfaatkan segala momentum dengan sebaik-baiknya, termasuk pada hari raya Idul Adha.

"Kita senantiasa berikthiar, berdoa dan memperbanyak amal ibadah serta meningkatkan kualitas peribadatan kita karena semuanya dapat mengantarkan seseorang kepada derajat ketakwaan kepada Allah Swt," ungkapnya.

Sekitar pukul 06.59 WIB shalat Idul Adha di halaman Gedung Agung Yogyakarta pun selesai.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/29/091146678/tak-tampak-mendampingi-jokowi-di-gedung-agung-sultan-shalat-idul-adha-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke