Salin Artikel

Shalat Idul Adha bersama Presiden Jokowi, Warga Harus Jalani Pemeriksaan di Gedung Agung

Akses bagi warga yang hendak mengikuti shalat Idul Adha di Gedung Agung Yogyakarta berada di sisi utara dan selatan. Tampak dua meja diletakkan di tengah jalan dan terdapat aparat keamanan mengenakan baju batik.

Aparat keamanan ini dengan ramah memeriksa satu per satu warga masyarakat yang membawa tas.

"Selamat pagi bapak, maaf izin tas kami periksa," ujar salah satu aparat berpakaian batik dengan ramah kepada warga di lokasi pemeriksaan, Kamis (29/6/2023).

Usai melewati lokasi pemeriksaan, warga kemudian berjalan kaki menuju gerbang masuk utama Gedung Agung Yogyakarta. Tampak berjajar aparat keamanan berdiri di depan gerbang utama.

Warga kemudian mencari lokasi di halaman Gedung Agung Yogyakarta untuk mengikuti shalat Idul Adha. Tampak anggota Paspampres mengatur warga yang hendak mengikuti rhalat Idul Adha di halaman depan Gedung Agung Yogyakarta.

Dari pengamatan Kompas.com pukul 06.25 WIB, warga sudah memadati halaman depan Gedung Agung Yogyakarta. Shalat Idul Adha dimulai pukul 07.30;

Pada shalat Idul Adha tersebut, Jauhar Mustofa bertindak selaku imam sekaligus khatib. Sehari-hari Jauhar Mustofa bertugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

Adapun yang menjadi tema khotbah yakni "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS". Sementara itu, Maulana Hasbulloh akan bertindak sebagai bilal dan memandu kumandang takbir.

"Besok Bapak Presiden akan shalat Idul Adha di halaman depan Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta," ujar Bey.

Lebih lanjut, Bey mengatakan bahwa shalat Idul Adha tersebut terbuka untuk umum. Shalat Idul Adha tersebut rencananya akan dimulai pada pukul 06.30 WIB.

"Presiden akan shalat bersama masyarakat sekitar," imbuhnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/29/072702678/shalat-idul-adha-bersama-presiden-jokowi-warga-harus-jalani-pemeriksaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke