Salin Artikel

Warga Berdatangan ke Gedung Agung Yogyakarta untuk Shalat Idul Adha bersama Presiden Jokowi

Sekitar pukul 05.00 WIB, warga sudah mulai berdatangan ke Gedung Agung Yogyakarta. Warga masuk ke depan Gedung Agung dari sisi utara dengan melewati pintu pemeriksaan.

Usai dilakukan pemeriksaan oleh petugas, warga kemudian berjalan masuk ke dalam halaman depan Gedung Agung Yogyakarta melalui pintu gerbang utama.

Sejumlah orang yang berjualan alas pun tampak menawarkan dagangannya kepada warga yang hendak mengikuti shalat Idul Adha.

"Saya dapat informasi dari internet, lihatnya kemarin malam kalau shalat Idul Adha di Gedung Agung dibuka untuk umum," ujar Gilang (19), mahasiswa UMY yang kos di daerah Bantul, saat ditemui di depan Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (29/6/2023).

Gilang mengatakan, kosnya di daerah Kabupaten Bantul dekat dengan Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dirinya berangkat dari kos ke Gedung Agung dengan sepeda motor.

"Ini tadi berangkat jam 5 dari kos, sama teman naik motor," ungkapnya.

Tahun lalu, Gilang mengaku mengikuti shalat Idul Adha di dekat kampusnya. Namun, karena shalat Idul Adha di Gedung Agung dibuka untuk umum, dirinya memilih ke Gedung Agung.

"Tertarik karena ada Bapak Presiden, jadi saya ke sini," ucapnya.

Sementara itu, Rahayu (43), warga Bantul, mengaku mengikuti suami untuk shalat Idul Adha di Gedung Agung Yogyakarta.

Dari pengamatan Kompas.com sampai pukul 05.50 WIB warga masyarakat masih berdatangan ke Gedung Agung Yogyakarta. Aparat keamanan baik dari Polri maupun TNI tampak berjaga di sekitar Gedung Agung Yogyakarta.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merayakan hari raya Idul Adha di Yogyakarta. Presiden Jokowi akan menjalankan ibadah shalat Idul Adha di kompleks Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo tiba di Yogyakarta pada Selasa (27/6/2023).

"Sesuai informasi yang disampaikan oleh Pak Jokowi saat diwawancara sebelumnya di Jakarta, Beliau akan melaksanakan shalat Idul Adha di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung besok Kamis (29/6) pkl 06.30 WIB," ucap Koordinator Bagian Humas Biro Umum, Humas Protokol Sekretariat DIY Ditya Nanaryo Aji saat dihubungi, Rabu (28/6/2023).

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/29/071215578/warga-berdatangan-ke-gedung-agung-yogyakarta-untuk-shalat-idul-adha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke