Salin Artikel

Sapi Kurban Jokowi di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo: 1,042 Ton, Mandi Tiga Kali Sehari

KOMPAS.com - Sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (27/6/2023) sekitar pukul 20.25 WIB.

Sapi berjenis limosin itu dikirim dari peternak bernama Sutrisno, warga Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jateng.

"Sapi ini limosin. Beratnya 1 ton 42 kg, usianya 4 tahun," kata Sutrisno, dikutip dari TribunSolo.com, Rabu (27/6/2023).

Sutrisno mengatakan, sapi dari peternakannya dibeli oleh Presiden Jokowi usai melewati seleksi dan dipilih oleh Sekretariat Negara.

"Ini dari Setpres menghubungi provinsi (Pemprov Jateng). Dari provinsi menyeleksi ternak-ternak yang bagus dan sehat. Dipilih dengan harga yang sesuai," ujar Sutrisno.

Dia mengaku, Presiden Jokowi bukan kali ini saja membeli sapi ternaknya. Pembelian kali ini merupakan yang ketiga kalinya.

Sapi kontes

Sutrisno menyampaikan, dia tak mengalami kendala saat mengirim sapi tersebut ke Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, sebab hewan ternaknya itu telah jinak.

"Ini sapinya nurut. Sapi kontes ini," ucap Sutrisno.

Meski begitu, menurutnya, sapi ini perlu sering dimandikan karena ia tak tahan dengan hawa panas. Dia bahkan memandikan sapinya itu sebanyak tiga kali sehari.

"Ya dimandikan. Sapinya senang mandi. Sapi ini tidak senang panas," jelasnya.

"Pagi saya mandikan, siang saya mandikan, sore tidak sempat, malam saya mandikan," imbuhnya.

Selain untuk Masjid Raya Sheikh Zayed, Sutrisno juga mengirim sapi kurban pesanan Presiden Jokowi ke lokasi lainnya, yakni Masjid Agung Surakarta, Masjid Al-Wustho Mangkunagaran, Ponpes Al Quraniy Laweyan Solo (Gus Karim), dan Ponpes Mbah Lepo (Mojosongo).

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul "Sapi Kurban Jokowi di Masjid Zayed Punya Penanganan Khusus, Sehari Dimandikan Tiga Kali"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/28/114651778/sapi-kurban-jokowi-di-masjid-raya-sheikh-zayed-solo-1042-ton-mandi-tiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke