Salin Artikel

Jelang Idul Adha, 1.050 Ekor Kambing Terjual di Pasar Hewan Gunungkidul

"Kambing naik 200 persen, ada sekitar 1.050 ekor hari ini. Sapi ada 780 ekor," kata Pengelola Pasar Hewan Siyono Harjo, Isnaning Suindarti saat ditemui wartawan Kamis.

Dikatakannya, kepadatan ini diperkirakan karena hari ini merupakan hari pasaran terakhir sebelum Idul adha.

Diakuinya, ada peningkatan harga dari biasanya tapi tidak signifikan. Sapi misalnya, dihargai antara Rp 21 juta sampai Rp 22 juta, dari yang biasanya Rp 18 juta per ekor.

"Ini kan pasaran terakhir menjelang Idul Adha sehingga ada peningkatan jumlah hewan yang datang," kata dia. 

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan, hari ini pihaknya melakukan pemantauan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY. Dari hasil pemantauan, untuk stok hewan kurban mencukupi, dan bahkan cenderung aman. 

Data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul, menyebut ada 46.875 hewan ternak siap potong. Terdiri dari 18.345 sapi, 27.022 kambing, dan 1.508 domba.

Dikatakannya stok yang surplus ini tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan Gunungkidul, tapi juga luar daerah. Adapun hewan kurban asal Gunungkidul sudah mulai dikirim hingga ke Jabodetabek, dan wilayah Jawa Tengah.

"Disisi lain, peternak mendekati hari raya dijaga kesehatan hewannya," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/22/235749278/jelang-idul-adha-1050-ekor-kambing-terjual-di-pasar-hewan-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke