Salin Artikel

Berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Kaisar Jepang Disambut Tarian Ciptaan Sultan Hamengku Buwono I

Penghageng Kawedanan Kridhamardawa, KPH Notonegoro mengatakan, tarian-tarian di Keraton Yogyakarta memiliki beberapa tingkatan.

"Bedhaya Beksan Lawung ini termasuk yang memiliki strata tertinggi," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (21/6/2023).

Tarian atau Beksan Lawung ini merupakan ciptaan Raja Pertama Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono I, dan menjadi tarian tertua yang dimiliki Keraton Yogyakarta.

"Ini adalah salah satu tarian tertua yang dimiliki Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu, beksan ini kerap ditampilkan saat Keraton Yogyakarta menerima kepala-kepala negara sahabat seperti halnya Kaisar Jepang,” tuturnya.

Lanjutnya, tarian ini diciptakan Sultan yang menjabat kala itu yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X yang bertakhta pada tahun 1755-1792.

Tarian ini menggambarkan adu ketangkasan prajurit bertombak, menggambarkan suasana berlatih perang dan adu ketangkasan dalam bermain tombak.

Gerakan-gerakan dalam tarian juga mengandung unsur heroik, patriotik, dan berkarakter maskulin.

"Dialog yang digunakan dalam tarian merupakan campuran dari bahasa Madura, Melayu, dan Jawa. Dialog tersebut umumnya adalah perintah-perintah dalam satuan keprajuritan," jelas Notonegoro.

Seperti tari gaya Yogyakarta lainnya, Beksan Lawung Ageng juga mengandung falsafah hidup.

Melalui tarian ini Sri Sultan Hamengku Buwono I menanamkan nilai-nilai keberanian serta ketangkasan seorang prajurit keraton.

"Selama lebih dari dua abad, tari ini telah menjadi sarana pembentukan karakter jiwa seorang ksatria melalui kedisiplinan berolah fisik dan berolah batin," jelas dia.

Tak hanya disuguhkan tarian, Kaisar Naruhito juga disuguhkan menu dari Keraton Yogyakarta.

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menjamu makan malam Kaisar Naruhito di Bangsal Manis.

"Beberapa menu yang disajikan seperti setup jambu, sop ayam galantin, sate ayam jeruk nipis, udang bakar madu, dan es teler cake," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/22/103948078/berkunjung-ke-keraton-yogyakarta-kaisar-jepang-disambut-tarian-ciptaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke