Salin Artikel

Dua Sapi Milik Warga Sleman Dipilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono mengatakan, tim dari Kepresidenan telah melakukan seleksi terhadap hewan kurban yang ada di Sleman.

"Dari 10 ekor, jadi 7 ekor. Kemudian diseleksi dan ditetapkan 2 ekor jadi hewan kurban Presiden," kata Suparmono saat memantau di Pasar Hewan Ambarketawang Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Selasa (20/6/2023).

Kedua sapi yang dipilih berjenis angus dan peranakan ongole (PO). Untuk sapi jenis angus memiliki berat 1 ton. Sementara yang jenis PO memiliki berat 850 kilogram.

Selain dipilih berat badannya, sapi juga harus lolos tes kesehatan. Tes kesehatan telah dilakukan oleh Balai Besar Veteriner (BB Vet) Wates, Kabupaten Kulon Progo. 

"Dari BB Vet Wates melakukan pemeriksaan penyakit mulut dan kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD), dan cacing. Jadi dipastikan benar-benar sehat," ujar dia.

Menurut dia, peternak di Sleman memperhatikan kualitas dari hewan ternaknya. Sehingga tidak hanya memelihara tetapi juga diperhatikan kesehatannya dan rutin diberi obat cacing.

"Itu nanti barangkali yang akan dikurbankan di Gedung Agung dan satunya di salah satu kabupaten," pungkas dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/20/192909778/dua-sapi-milik-warga-sleman-dipilih-jadi-hewan-kurban-presiden-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke