Salin Artikel

Pilu Nenek Tukijah Petani Kacang Tolo Ditipu Kiai Gadungan, Cincin Ditukar Kerikil

KULON PROGO, KOMPAS.com – Perempuan lanjut usia 75 tahun jadi korban penipuan modus tipu-tipu seseorang mengaku pemuka agama di Pedukuhan Dalangan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nenek bernama Mbah Tukijah kehilangan dua cincin emas, yakni yang tiga gram dan lima gram, akibat penipuan itu.

Ia mengaku rugi Rp 4.000.000.

“Dua cincin itu pemberian kedua anak saya,” kata Tukijah di rumahnya, Selasa (13/6/2023).

Tukijah petani yang hidup dari lahan pertanian di pekarangan sendiri. Ia menanam kacang tolo (kacang tunggak) di 500-an meter persegi pekarangan yang berada di tepi jalan aspal lebar.

Tukijah tengah memanen tolo ketika penipuan terjadi, Rabu (7/6/2023) sekitar pukul 09.30 WIB.

Awalnya, minibus kecil putih berhenti di depan pekarangan. Pemuda langsing tinggi turun dari mobil, menghampiri Tukijah yang sedang memanen kacang.

Ia bertanya arah Wates dan sebuah pesantren. Tukijah menunjukkan arah Wates, namun mengaku tidak tahu nama pesantren tersebut.

Pria itu menceritakan pada Tukijah, dirinya bersama seorang kiai dalam mobil. Menurut si pria, mereka berniat si kiai sedang sakit tiga tahun belakangan. Ia berniat mencari orangtua yang bisa bantu pengobatan.

Pria itu menawarkan Tukijah berkenalan dengan si kiai. Tukijah tidak menolak. Ia bahkan diajak masuk mobil untuk berkenalan lebih dekat dengan kiai berpakaian gamis ini.  

“Orangnya gemuk, pakai peci, baju koko, umurnya setengah tua, mungkin 50 tahun. Dia sopan, baik sekali. Kiai itu ramah sekali,” kata Tukijah.

“Saya masuk dan mobil itu ditutup,” kata Tukijah.

Di dalam mobil, Tukijah seperti dicucuk hidung. Ia menerima Rp 50.000 pemberian si orang mengaku kiai. Lansia ini juga mengikuti apa saja kata-kata laki-laki setengah baya ini.  

Mulai dari menerima tisu, membungkus uang Rp 50.000 itu dan dua cincin di jari tengah pakai tisu tersebut, kemudian tisu dibungkus plastik hitam. Si kiai kemudian berdoa sambil menggenggam bungelah plastik hitam itu.   

Usai berdoa, plastik hitam diserahkan ke Tukijah. Nenek mungil itu lalu keluar dari mobil dan kembali ke rumah. Orang yang dipanggil kiai itu mengatakan, Tukijah sebaiknya shalat sebelum membuka bungkusan hitam ini. Para pelaku lantas pergi.

Tukijah baru sadar setelah masuk rumah. Tisu yang digenggamnya terasa berat. Penasaran, ia membuka tisu dan mendapati lima batu kerikil dalam tisu.

“Saya tidak sempat lihat kejadiannya. Tapi, saya dengar kakak saya menangis, saya datangi dan mendapati dia menangis. Dia cerita baru saja kena tipu. Saya berharap pelaku segera tertangkap agar cincin itu kembali dan pelaku menerima ganjaran yang setimpal,” kata Selam (70) adik dari Tukijah.

Tukijah bercerita, dirinya bisa panen 15 kilogram kacang tolo dalam tiga bulan sekali. Bila harga kacang tolo sedang baik, ia bisa memperoleh Rp 15.000 – 20.000 per kilogram. Ia juga menerima hasil dari penjualan kelapa di pekarangan sekitar Rp 150.000 setiap dua bulan dan sesekali Rp 50.000 dari menjual satu ekor ayam yang sudah besar.   

Ia mengaku sedih mengingat nilai kehilangan barang itu jauh melebihi penghasilannya selama ini. Terlebih bila mengingat kedua cincin merupakan pemberian kedua anaknya yang berada di tempat jauh. Satu anak ikut suami bekerja di perkebunan sawit di Kalimantan Timur dan satu lagi di Jakarta.

Cincin jadi pengingat kedua anaknya selalu dekat dengan dirinya.

“Maka saya sangat berharap cincin itu kembali ke saya, kalau pun sudah tidak ada, saya akan anggap sodaqoh,” kata Tukijah.

Mereka melaporkan peristiwa ini Senin (12/6/2023). Polisi masih menyelidiki kasus ini. Polisi telah meminta keterangan korban, hingga mengumpulkan CCTV.

“Kasus ini dan pelaku masih dalam penyelidikan polisi,” kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Kepolisian Resor Kulon Progo, Iptu Triatmi Noviartuti (Novi).

Kasi Humas Novi menambahkan,  warga mesti belajar dari peristiwa yang dialami Tukijah. Warga mesti lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang baru dikenal. Ini demi menghindari terjadinya korban penipuan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/13/204013878/pilu-nenek-tukijah-petani-kacang-tolo-ditipu-kiai-gadungan-cincin-ditukar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke