Salin Artikel

Lokananta Tuntas Direvitalisasi, Siap Jadi Pusat Wisata Musik dan Kreatifitas Para Musisi

Revitalisasi yang dilakukan sejak 27 November 2022 itu membuat Lokananta kini tampak jauh lebih cantik.

Tak terlihat lagi sudut-sudut tak terawat pada bangunan cagar budaya yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, itu.

Dengan luas kawasan 2,1 hektar, Lokananta disulap menjadi tujuh arena, yakni Galeri Lokananta, Studio Rekaman Lokananta, Lokananta Live House, Taman Lingkar Lokananta, Panggung Amphitheater Lokananta, Area ritel F&B, dan Area ritel kreatif (non F&B).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Lokananta bakal menjadi pusat kreativitas dan niaga bagi para musisi, seniman, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ia juga menjelaskan Lokananta bakal menjadi destinasi wisata musik untuk mengedukasi masyarakat.

"Yang jelas menambah destinasi wisata baru lagi, destinasi wisata berbasis musik bagi masyarakat Indonesia. Lokananta yang jadi salah satu landmark Kota Solo," kata Gibran Rakabuming, saat di Lokananta, pada Jumat.

Dengan nuansa baru ini kejayaan Lokananta sebagai pusat studio rekaman nasional dapat kembali dihidupkan oleh anak-anak bangsa.

Lokananta dibuka untuk umum pada Senin- Jumat, mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kemudian, Sabtu-Minggu, dibuka pukul 10.00 WIB dan dipertimbangkan tutup pada pukul 23.00 WIB.

Untuk masuk ke area Lokananta tak dipungut biaya alias gratis. Namun, jika warga atau wisatawan ingin masuk ke Galeri Lokananta harus membeli tiket seharga Rp 25.000 per orang.

"Untuk area Taman Lingkar di akses secara gratis tanpa berbayar. Area pameran atau galeri, berbayar bagi masyarakat atau wisatawan," kata CEO Lokananta Wendi Putranto.

"Ada perpustakaannya, ambisi kami menjadi perpustakaan musik yang paling lengkap di Indonesia. Kami tidak bisa melengkapi koleksi sendirian dan membuka juga program donasi buku musik dari berbagai macam," lanjutnya.

Yakni, pada Sabtu dan Minggu (3-4/06/2023), mulai pukul 14.00 WIB hingga 23.00 WIB. Sebanyak 2.500 tiket yang disediakan panitia juga sudah habis terjual.

Sebanyak 21 artis lintas generasi akan tampil secara simultan di tiga panggung. Mereka adalah  Andien, Fariz RM, D’Masiv, David Bayu, The Changcuters, Kla Project, Pamungkas.

Lalu, Project Pop, Vina Panduwinata, dan White Shoes & Couples Company. Ketiga panggung dinamakan Gesang, Waljinah, dan Sam Saimun. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/03/072323778/lokananta-tuntas-direvitalisasi-siap-jadi-pusat-wisata-musik-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke