Salin Artikel

Jokowi Targetkan Jalur Jalan Lintas Selatan Tersambung Tahun Ini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menargetkan akan menyelesaikan pembangunan jalur jalan lintas selatan (JJLS) tahun 2023.

Hal ini diungkapkan presiden saat meresmikan Jembatan Kretek II, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (2/6/2023).

Dia mengatakan, selama 7 tahun terakhir pihaknya terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur baik berupa jalan tol, berupa jalan, jembatan, bendungan, pelabuhan, hingga airport, dan Infrastruktur lainnya.

"(Pembangunan infrastruktur) untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan daya saing, percepatan ekonomi di daerah dan pemerataan pembangunan," kata Jokowi.

Jembatan Kretek II menyeberangi sungai opak sepanjang 556 meter dan memiliki 4 jalur. Jembatan ini dibangun dengan biaya Rp 364 miliar.

Jokowi mengatakan, saat ini, di sejumlah daerah pembangunan JJLS sudah diselesaikan.

"Ini adalah jalur lintas selatan yang kita tahu di Provinsi Banten sudah selesai 100 persen, di Provinsi Jabar sudah selesai 100 persen, di Provinsi Jawa Tengah sudah selesai 100 persen," kata dia.

"Di Provinsi Yogyakarta kurang sedikit tahun ini akan selesai Insya Allah kurang 14 kilo (meter) dan yang di Jatim masih kurang 24 kilometer juga akan kita selesaikan tahun ini," kata Jokowi.

Jika nantinya JJLS sudah selesai di bangun, diharapkan memperlancar distribusi logistik.

"Kita harapkan dengan tiga jalur yang ada di pulau Jawa selatan tengah kemudian di utara kelancaran logistik daya saing produk-produk yang ada akan semakin baik," kata dia.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pagi hari ini Jembatan Kretek II Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta saya resmikan," kata Jokowi.

Presiden kemudian menandatangani prasasti peresmian Jembatan Kretek II. Presiden juga sempat menyapa warga dan membagikan sembako. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/02/102919878/jokowi-targetkan-jalur-jalan-lintas-selatan-tersambung-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke