Salin Artikel

Santap Malam di Bakmi Pak Pele Jogja, Jokowi Habis Rp 3 Juta

"Kalau di porsi ini tadi saya bingung, saya cuman kira-kira, saya suruh mbayar Rp 3 juta, totalnya, tapi kan banyak sekali, minta duluan semua. Nah itu sing mahal harganya," ucap Pele.

Ia menambahkan, Jokowi dan rombongan memesan lebih dari 100 porsi saat mengunjungi warungnya. "Lebih dari 100 porsi," timpalnya.

Menurut dia demi kesehatan, Jokowi membawa alat-alat makan seperti piring sendiri total piring yang dibawa sebanyak 15 piring.

"Pak jokowi itu 3, trus si itu 3, yang bar dadi manten kemaren (Kaesang Pangarep), sama garwane (istrinya)," kata dia.

Sambung Pele, Jokowi memesan beberapa menu tetapi dengan porsi yang sedikit yang bertujuan agar dapat mencicipi menu yang dipesan.

"Ya kalau Pak Jokowi tadi mintanya sego goreng bakmi goreng, tapi mintanya sedikit-sedikit supaya bisa merasakan semua," jelas Pele.

Pele mengaku tak canggung saat melayani Jokowi karena dirinya sering menerima tamu pejabat, salah satunya adalah mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

"Ndak grogi, biasa. Dulu Megawati saya juga sudah pernah. Tp dulu yang ngatur saya," katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyempatkan diri bersantap makan malam di warung bakmi jawa Pak Pele di sekitar Alun-alun Utara Kota Yogyakarta.

Rombongan presiden datang ke warung Bakmi Pak Pele sekitar pukul 20.00 WIB ditemani dengan Kaesang serta Erina Gudono.

Warung Bakmi Jawa Pak Pele yang sudah berdiri dari 1983 ini menjadi tujuan orang nomor 1 di Indonesia ini untuk kulineran di Kota Yogyakarta.

Pemilik warung Pele menyampaikan bahwa dirinya harus meminta pelangganya mengosongkan kursi yang sudah ditempati. Hal ini ia lakukan karena tak ada pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak Istana Negara Kepresidenan Gedung Agung bahwa presiden Joko Widodo akan berkunjung ke tempatnya.

"Tidak, cuman tiba-tiba kepingin bakmie pak pele itu yang ngawal 'tolong dikasih tempat', tapi berhubung tadi kan penuh terus saya menyingkirkan," kata Pele saat ditemui di warungnya, Kamis (1/6/2023).

Pele mengatakan, dirinya harus mengosongkan tiga meja untuk dikosongkan dengan catatan tetap akan mendahulukan pesanan pelanggannya.

"'saya mohon maaf karena pak Jokowi mau kesini mohon ini dikosongkan, nanti kamu pesennya apa saya dulukan dulu," kata dia.

Tak hanya mendahulukan pesanan pelanggan Pele juga diminta para pengunjung untuk mengizinkan pelanggannya untuk berfoto bersama dengan Joko Widodo.

"Ternyata sesudah itu pada setuju semua, senang sekali tapi dengan catatan nanti minta salaman, foto bersama," kata dia.

Pele menambahkan Jokowi datang ke Pele membawa alat makan sendiri dan tidak menggunakan piring miliknya, minumnya juga membawa sendiri tidak memesan di warungnya.

"Total ada 15 piring untuk Pak Jokowi, anaknya yang ngyurus sepak bola (Kaesang), dan istrinya (Erina Gudono)," kata dia.

Menurut Pele Jokowi memesan dengan porsi kecil, agar bisa menikmati menu masakan yang ada di warungnya.

"Pak Jokowi tadi meemsan sego goreng (nasi goreng), bakmi goreng, dan bakmi godog (rebus)," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/02/071930678/santap-malam-di-bakmi-pak-pele-jogja-jokowi-habis-rp-3-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke