Salin Artikel

Bawaslu Bantul Temukan Ribuan Data RT 000 di DPS Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Bantul Harlina mengatakan pihaknya menemukan 4.675 DPS tertulis RT 000 di 17 Kapanewon atau se-Kabupaten Bantul. 

"Dari 4.675 terdiri dari 485 data pemilih di TPS reguler dan 4.190 data pemilih di TPS lokasi khusus," kata Harlina saat dihubungi wartawan melalui telepon Rabu (17/5/2023).

Dijelaskannya, Bawaslu sudah berkoordinasi dengan KPU Bantul terkait temuan ini.  Pihaknya berharap KPU Bantul berkoordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Bantul dalam rangka perbaikan data pemilih tersebut. 

Data pemilih RT 000 tersebut dapat selesai diperbaiki pada masa daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) diumumkan.

"Kepada masyarakat yang telah mempunyai hak pilih untuk melakukan pengecekan KTP Elektronik dan Kartu Keluarga masing-masing," kata Harlina. 

Nantinya, jika pada poin RT tertulis 000 maka segera melaporkan kepada petugas register Kalurahan. Sehingga dibuatkan KTP dan KK baru dengan data yang benar.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil Bantul terkait RT 000 ini. 

Dikatakannya, KPU akan melaksanakan perubahan di data pemilih terutama di alamat pemilih untuk TPS reguler.

Sementara itu untuk TPS khusus merupakan kebijakan KPU RI saat menginput data pemilih yang sudah tercatat di daerah asal. Namun ketika proses pindah memilih ke Bantul maka pada kolom RT terisi 000.

"TPS khusus bukan seperti reguler dengan nomor urut 1 hingga seterusnya, tapi menggunakan angka depan 9. Contoh, seperti TPS khusus di UMY maka tertera TPS 901, Kalurahan Tamantirto maka kelengkapan elemen data 00 karena faktualnya adalah pemilih di TPS khusus," kata Didik. 

KPU Bantul segera melakukan perbaikan data sebelum diumumkan DPSHP. Untuk beralamat RT 000 sudah diperbaiki dengan basis dokumen E-KTP.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/05/17/200245278/bawaslu-bantul-temukan-ribuan-data-rt-000-di-dps-pemilu-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke