Salin Artikel

Saat Mendes Kenalkan Cak Imin sebagai Capres di Depan Mahasiswa UGM

"Alhamdulillah solid bekerja bersama muga-muga (semoga) terus sampai nanti. Golkar terus dirajut nanti tunggu resminya ya masih memungkinkan penambahan-penambahan," ujar Muhaimin di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (16/5/2023).

Selain bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin kemarin, dirinya berencana akan bertemu dengan mantan Wakil Presiden Boediono.

"Kita hari Rabu bertemu dengan Pak Boediono di Jakarta," kata dia.

Pada kesempatan ini, Muhaimin di UGM dikenalkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar sebagai calon presiden 2024.

"Kenapa beliau kita undang hari ini, karena banyak hal yang ingin kita titipkan ke beliau, baik sebagai wakil ketua DPR RI maupun sebagai calon presiden Republik Indonesia 2024," kata Abdul Halim.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyarankan kepada menterinya yang hendak maju sebagai calon presiden (capres) dan calon anggota legislatif (caleg) mengajukan cuti bila butuh waktu untuk berkampanye.

"Kalau memang waktunya untuk kampanye kurang, ya lebih baik cuti," kata Jokowi di Taman Wisata Alam Kapuk Angke, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Jokowi menuturkan, yang terpenting adalah pencalonan para menteri itu tidak melanggar aturan dan undang-undang yang berlaku.

Namun demikian, ia mengingatkan bahwa kinerja para menteri tidak boleh terganggu dengan aktivitas kampanye mereka sebagai capres dan caleg kelak.

Jokowi pun mengaku tidak akan segan-segan mencopot menterinya bila kinerja mereka terganggu akibat kampanye.

"Nanti akan ada evaluasi, dievaluasi. kalau memang dirasa itu menganggu, ganti, biar konsentrasi ke nyalegnya," ujar mantan wali kota Solo tersebut.

Dalam kesempatan ini, Jokowi pun sempat melontarkan candaan agar pertanyaan soal boleh atau tidaknya menteri berkampanye kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang ada di sampingnya.

Untuk diketahui, Prabowo merupakan salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju yang masuk dalam bursa pencalonan presiden.

"Khusus (pertanyaan) yang ini tadi nanti tolong juga ditanyakan ke Pak Prabowo," ujar Jokowi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/05/16/132746978/saat-mendes-kenalkan-cak-imin-sebagai-capres-di-depan-mahasiswa-ugm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke