Salin Artikel

Diretas, Nomor WhatsApp Bupati Sleman Digunakan untuk Meminta Uang

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membenarkan jika nomor WhatsApp (WA)nya diretas pada Senin (8/05/2023).

"Saya tahunya pagi tadi. Saat mau buka WA, itu sudah ke logout (keluar). Ini pertama kalinya berhasil diretas. Sebelumnya selalu gagal," ujar Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam keterangan tertulis, Selasa (9/05/2023).

Asisten pribadi sempat memeriksa nomor WhatsApp (WA) Kustini Sri Purnomo. Setelah diperiksa, diketahui ternyata upaya peretasan sudah dilakukan sejak semalam.

Hal itu diketahui dari puluhan kode One Time Password (OTP) yang masuk di pesan nomor milik Kustini Sri Purnomo.

"Kemungkinan pelaku mengacak OTP-nya. Soalnya di pesan sms nomor saya itu masuk puluhan kode OTP sejak pukul 23.30-an WIB. Berarti upaya masuknya sejak waktu itu," tuturnya.

Pelaku menggunakan nomor WA Kustini Sri Purnomo ,untuk mengirim pesan kepada beberapa pihak. Melalui pesan tersebut, pelaku meminta sejumlah uang dengan modus untuk diberikan kepada keponakan.

Dia mengatakan pihaknya sedang berusaha untuk memperbaiki dan mengambil alih kembali nomor WhatsApp (WA) miliknya.

"Ini sedang diperbaiki, semoga bisa diambil alih lagi. Apabila ada masyarakat yang menerima WA dari nomor saya, itu jelas dari penipu," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/05/09/134035478/diretas-nomor-whatsapp-bupati-sleman-digunakan-untuk-meminta-uang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke