Salin Artikel

Candi Ijo: Lokasi, Sejarah, Daya Tarik, dan Harga Tiket

KOMPAS.com - Candi Ijo merupakan sebuah candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang beraliran Hindu Siwa.

Dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Dyah Balitung, Candi Ijo diperkirakan didirikan pada sekitar abad 9-10 Masehi.

Kompleks candi tertinggi di Yogyakarta ini terletak pada ketinggian 410 mdpl, di atas sebuah bukit dengan bentuk lahan berteras-teras.

Kompleks Candi Ijo terdiri dari 11 teras bertingkat, di mana lokasi candi induk ini berada pada teras ke-11 atau teras paling atas sekaligus teras yang paling sakral.

Bangunan induk kompleks Candi Ijo ini berada di lokasi paling belakang dengan arah hadap ke barat.

Hal ini mengingatkan pada bangunan punden berundak yang dbangun pada masa Megalithik dimana pusat bangunan memang biasanya terletak di tempat yang paling atas.

Kompleks Candi Ijo berada di perbukitan Baturagung yang masih satu perbukitan dengan Candi Barong dan Ratu Boko

Lokasi Candi Ijo masuk dalam wilayah Padukuhan Nglengkong, Kalurahan Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Candi Ijo

Dilansir dari laman Kemendikbud, sejarah kompleks Candi Ijo dikenali berdasarkan temuan arca-arca di sekitarnya.

Dari temuan arca-arca tersebut, disimpulkan bahwa candi ini berlatar belakang agama Hindu.

Kemudian berdasarkan data epigrafi, Candi Ijo diperkirakan dibangun sekitar 850 – 900 Masehi yang apabila dihubungkan dengan masa diketahui pemerintahan raja yang berkuasa pada saat itu.

Candi Ijo diperkirakan dibangun pada masa pada masa raja Rakai Pikatan dan Rakai Kayuwangi (prasasti dari Raja Balitung) dari Kerajaan Mataram Kuno.

Dilihat dari bentuknya, Candi Ijo merupakan bangunan pemujaan pada zaman kerajaan Hindu-Buddha.

Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini pertama kali ditemukan oleh H.E. Dorrepaal pada 1886.

Peneliti Candi Ijo berikutnya adalah C.A. Rosemeir yang menemukan tiga buah arca batu serta lingga-yoni di bilik candi induk.

Ketiga arca batu tersebut adalah arca Ganesha, arca Siwa, dan sebuah arca tanpa kepala bertangan empat yang satu di antaranya membawa cakra.

Tokoh peneliti Candi Ijo lainnya yaitu H.L. Heidjie Melville yang telah berhasil membuat gambar tata letak bangunan kompleks percandian ini.

Pada penggalian yang dilakukan di sumuran candi induk, ditemukan lembaran emas bertulis, cincin emas, batu merjan, dan sejenis biji-bijian.

Lembaran emas bertulis tersebut berhasil dibaca oleh Y.G. de Casparis yang berbunyi “Pandu Rangga Bhasmaja”.

Pada salah satu prasasti yang ditemukan di atas dinding pintu masuk candi (candi F) terdapat tulisan Guywan, yang oleh Soekarto dibaca Bhuyutan yang berarti pertapaan.

Adapun prasasti batu yang lain berisi 16 buah kalimat yang berupa mantra kutukan yang diulang-ulang berbunyi “Om sarwwawinasa, sarwwawinasa”.

Prasasti-prasasti tersebut tidak berangka tahun, tetapi ditinjau dari ilmu paleografis, diperkirakan berasal dari abad 8 – 9 Masehi.

Penelitian terhadap Candi Ijo kemudian dilakukan oleh bangsa Indonesia melalui Dinas Purbakala mulai 1958.

Daya Tarik Candi Ijo

Setelah dilakukan pemugaran oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Ijo juga difungsikan sebagai objek wisata sejarah dan edukasi.

Pengunjung dapat leluasa mengamati bangunan candi, patung, dan relief yang ada di kompleks candi.

Namun daya tarik Candi Ijo juga terletak pada pemandangan yang mengarah ke wilayah Yogyakarta.

Pengunjung dapat melihat pemandangan Yogyakarta dari atas bukit yang nampak cantik menjelang waktu matahari terbenam atau sunset.

Selain itu, lokasi Candi Ijo juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lain seperti Candi Barong, Candi Banyunibo, Ratu Boko, Candi Prambanan, dan Tebing Breksi.

Harga tiket dan Jam Buka Candi Ijo

Candi Ijo bisa menjadi pilihan destinasi saat berlibur karena hara tiket masuknya cukup terjangkau.

Harga tiket Candi Ijo cukup terjangkau karena dipatok hanya sebesar Rp 7000 bagi wisatawan lokal dan Rp15.000 bagi wisatawan asing.

Kompleks Candi Ijo dibuka untuk wisatawan mulai pukul 09.00 -17.00 WIB pada hari kerja. Sementara pada hari libur, Candi Ijo akan buka mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB.

Adapun waktu terbaik untuk berunjung Candi Ijo adalah pada sore hari dimana pengunjung dapat menikmati suasana sunset yang indah.

Sumber: sambirejosid.slemankab.go.id, pariwisata.slemankab.go.id, kebudayaan.kemdikbud.go.id , dan jogjacagar.jogjaprov.go.id  

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/05/08/174827978/candi-ijo-lokasi-sejarah-daya-tarik-dan-harga-tiket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke