Salin Artikel

Mbah Ponirah, Istri Mendiang Mbah Maridjan Sang Juru Kunci Merapi, Meninggal Dunia

Istri dari sang juru kunci Merapi tersebut dimakamkan satu kompleks dengan Mbah Maridjan di pemakaman Sasonoloyo Srunen, Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Pemerhati Lingkungan Gunung Merapi, Bambang Sugeng atau sering dikenal Bambang Kothir membenarkan berita duka tersebut.

"Iya benar, Mbah Putri ( Istri mendiang Mbah Maridjan, Ponirah) meninggal jam 07.00 WIB tadi di Huntap Karangkendal," ujar Bambang saat dihubungi, Senin (1/05/2023).

Bambang menyampaikan istri Mbah Maridjan meninggal di usia 93 tahun. 

"Gerah sepuh (sakit tua), dimakamkan jam 1 (siang) tadi, dekat dengan (makam) Mbah Maridjan," tuturnya.

Mbah Ponirah lanjut Bambang merupakan pribadi yang baik. Selain itu juga ramah dengan siapa pun.

"Hampir sama dengan Mbah Maridjan kakung, selalu berdampingan dengan masyarakat. Sangat ramah, andhap asor (rendah hati), berkharisma," tuturnya.

Bambang mengatakan, berbagai elemen masyarakat datang untuk melayat. Mereka juga mengantarkan Mbah Ponirah sampai peristirahatan terakhirnya.

"Pelayat dari berbagai unsur, ada pecinta alam, relawan, BPBD, banyak sekali. Iya, turut mengantar ke pemakaman," tandasnya.

Bambang pun teringat ketika diminta oleh Mbah Ponirah untuk mengantar berkeliling ke semua objek wisata di Lereng Merapi sisi selatan menggunakan mobil.

"Saya masih ingat 3 tahun sepeninggal Mbah Kakung (Mbah Maridjan), saya disuruh mengantar ke seluruh objek wisata baru, dampak erupsi (Gunung Merapi 2010) seperti museum sisa hartaku batu Alien dan bunker. Dan batas-batas daerah yang kena awan terjangan erupsi," ucapnya.

Mbah Ponirah merupakan istri dari Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi saat itu. Mbah Maridjan meninggal pada saat erupsi Merapi tahun 2010.

Saat ini juru kunci Gunung Merapi digantikan oleh putranya, yakni Mas Wedana Suraksa Hargo Asihono atau sering disapa Mas Asih.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/05/01/153621578/mbah-ponirah-istri-mendiang-mbah-maridjan-sang-juru-kunci-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke