Salin Artikel

Plt Ketum PPP Minta Keputusan Usung Ganjar Sebagai Capres Dipatuhi Seluruh Kader

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono menyampaikan, seluruh kader PPP harus menaati keputusan partai yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon Presiden RI.

Hal ini ia sampaikan saat menanggapi pertanyaan awak media terkait adanya DPW PPP yang mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon Presiden RI.

"Keputusan ini diambil secara konstitusional berdasarkan AD/ART, oleh PPP. Dan telah diambil juga keputusan melalui tata tertib yang diikuti seluruh struktur partai yang berkompeten mengambil keputusan itu," jelas Mardiono, Rabu (26/4/2023).

Sambung Mardiono, dalam negara demokrasi tidak mungkin dalam satu negara mengusung sosok yang sama, jika pilihan sama justru bukan negara demokrasi.

"Insya Allah di PPP membuka ruang demokrasi secara konstitusional karena itu melalui rapat kita selenggarakan melalui keputusan hasilnya harus ditaati oleh seluruh elemen dalam PPP," katanya.

Ia berharap kader PPP dari tingkat paling bawah seperti dari anak ranting, ranting, anak cabang, cabang DPC, DPW dan seluruh lapisan jajaran pengerusan PPP. Termasuk di fraksi PPP yang menduduki DPR RI, tidak terkecuali.

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyebut nama Ganjar Pranowo banyak diusulkan untuk jadi bakal calon presiden dari PPP.

Asrul menjelaskan, dalam proses pencapresan seseorang, PPP berbasis pada proses bottom up, dengan cara mendengarkan aspirasi-aspirasi dari struktur partai hingga akar rumput terkait siapa yang pantas untuk diusung sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

"Ada sejumlah nama saya kira teman-teman media tahu, yang disuarakan struktural PPP pertama Mas Ganjar, ini di dalam rapat pimpinan wilayah (rapimwil) atau Musyawarah Kerja Wilayah (mukerwil), itu paling banyak disuarakan atau diusung sebagai bakal calon presiden," katanya, Rabu (26/4/2023).

"Selain nama Ganjar ada nama Mas Anies Baswedan yang disuarakan beberapa DPW, ada juga akar rumput yang konstituen menyuatakan Pak Prabowo, Sandiaga Uno, Erick Thohir itu disuarakan," jelas dia.

Arsul menegaskan, pada penentuan nama calon presiden yang bakal diusung ini harus melalui forum kemusyawaratan. Selama di Yogyakarta, pihaknya telah mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang dihadiri pimpinan, majelis, dari seluruh Indonesia.

"Ini nanti diumumkan oleh Plt Ketum PPP, tunggu dulu," kata dia

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/26/165424578/plt-ketum-ppp-minta-keputusan-usung-ganjar-sebagai-capres-dipatuhi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke